Fasciitis Nekrotikan – Pencegahan

Langkah-langkah pencegahan dapat diambil untuk mengurangi kemungkinan mengembangkan fasciitis nekrotikan, meskipun mungkin tidak sepenuhnya dicegah dalam semua kasus, karena penyebab seringkali tidak dapat diidentifikasi.

doktersehat-cuci-tangan

Karena banyak kasus fasciitis nekrotikan dimulai setelah beberapa jenis trauma kulit, perawatan luka yang tepat dan manajemen luka penting dilakukan. Bersihkan luka dan pantau tanda-tanda infeksi. Deteksi dan pengobatan infeksi awal merupakan langkah terbaik untuk mencegah perkembangan selanjutnya dari fasciitis nekrotikan. Segera mencari perawatan medis jika ada tanda-tanda atau gejala infeksi muncul.

Pasien dengan masalah kesehatan, seperti diabetes, harus mengawasi tanda-tanda infeksi, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah harus mengambil langkah-langkah untuk menghindari paparan infeksi potensial. Menghindari makanan laut dan kontak langsung dengan air laut yang hangat berpotensi terkontaminasi dengan spesies Vibrio, direkomendasikan untuk orang-orang dengan penyakit hati. Individu dengan infeksi kulit aktif atau luka terbuka harus mempertimbangkan menghindari pusaran air, kolam renang, dan sumber air alami.

Menjaga kebersihan pribadi yang baik dan sering mencuci tangan dapat mencegah infeksi dan membantu mengendalikan penyebaran infeksi. Mengikuti pedoman teknik bedah yang tepat dan steril dan menggunakan pelindung diri (sarung tangan, baju, masker, dll) dan meningkatkan kewaspadaan di rumah sakit juga dapat memungkinkan tenaga kesehatan mencegah pengembangan dan penyebaran infeksi.