Kehamilan di Luar Rahim – Pencegahan dan Prognosis

Dokter kandungan-kandungan (OB-GYNS) adalah spesialis biasanya terlibat dalam pengobatan kehamilan ektopik. Jika pasien datang ke unit gawat darurat, evaluasi awal dapat dilakukan oleh seorang dokter jaga UGD.

doktersehat-usg-kehamilan-hamil-operasi-caesar

Dapat kehamilan ektopik dicegah?
Kehamilan ektopik umumnya tidak dapat dicegah. Namun, masih mungkin untuk menurunkan beberapa faktor risiko untuk mengembangkan kehamilan ektopik:

  • Jika Anda didiagnosis dengan penyakit radang panggul, konsumsi antibiotik yang diresepkan seperti yang diarahkan sampai benar-benar diselesaikan, maka tindak lanjut dengan dokter Anda adalah untuk memastikan Anda benar-benar sembuh.
  • Hindari gonore, klamidia, dan penyakit menular seksual lainnya.
  • Jika Anda berencana untuk hamil segera dan Anda menggunakan alat kontrasepsi (IUD) untuk kontrasepsi, bicarakan hal ini dengan perawatan kesehatan Anda profesional.
  • Bedah dari sistem reproduksi, usus besar, atau perut bagian bawah dapat menyebabkan jaringan parut, yang meningkatkan risiko kehamilan ektopik.

Bagaimana prognosis untuk kehamilan ektopik?
Kesempatan pemulihan dari kehamilan ektopik atau tuba sangat baik jika didiagnosis dan diobati dini. Setelah mengalami kehamilan ektopik maka pasien akan memiliki kecenderungan peningkatan kemungkinan bahwa kehamilan berikutnya juga akan ektopik. Berbicara dengan perawatan kesehatan profesional (dokter spesialis kandungan) tentang keprihatinan Anda untuk kesuburan di kemudian hari, dan risiko kehamilan ektopik selanutnya. Jika Anda hamil lagi, hubungi dokter kandungan dan periksa kesehatan sejak dini untuk mendapatkan pemeriksaan yang diperlukan untuk memastikan kehamilan Anda adalah di dalam rahim.