Infeksi Otak – Pencegahan dan Prognosis

Sebagian besar jenis meningitis yang tidak terduga dan tidak dapat dicegah. Namun, ada vaksin untuk beberapa jenis bakteri, dan biasanya vaksin inilah yang diterima oleh calon jamaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.

doktersehat-suntik-hormon-injeksi-flu-burung-vaksin

  • Vaksin Hib sangat aman dan sangat efektif. Ini adalah bagian dari imunisasi standar untuk bayi dan anak-anak.
  • Vaksin untuk melawan meningitis pneumokokus juga dapat mencegah bentuk-bentuk lain dari infeksi. Hal ini tidak efektif pada anak-anak muda dari 2 tahun tetapi dianjurkan untuk semua lansia di atas 65 tahun dan orang-orang muda dengan kondisi medis yang kronis.
  • Vaksin terhadap meningitis meningokokus tersedia secara rutin dianjurkan bagi orang berusia 11-18 tahun dan untuk orang yang berisiko tinggi untuk penyakit (seperti orang-orang dengan cacat tertentu dalam sistem kekebalan tubuh). Hal ini juga digunakan untuk mengendalikan wabah di daerah tertentu dari negara tertentu, dalam lingkungan yang penuh sesak seperti asrama, dan sebagai tindakan pencegahan untuk wisatawan dan para jamaah haji. Biasanya vaksinasinya adalah vaksin kuadrivalen polisakarida untuk mencegah bakteri Nesseria meningitidis dari 4 serogroup: A, C, W, dan Y.

Apakah prognosis dari infeksi otak?
Dengan diagnosis dini dan pengobatan yang tepat, kebanyakan orang sembuh dari meningitis bakteri. Pemulihan juga tergantung pada umur dan kondisi orang itu, pada seberapa parah penyakit ini, dan jenis menyerang bakteri.

  • Dalam beberapa kasus ekstrim, terutama ketika penyakit datang pada cepat dengan gangguan neurologis, penyakit berlangsung begitu cepat dan kematian terjadi selama 48 jam pertama, meskipun pengobatan telah diberikan secara dini.
  • komplikasi Tertunda infeksi bakteri dari sistem saraf pusat dapat mencakup gangguan kejang, defisit intelektual, kebutaan, gangguan pendengaran, dan berbagai masalah sistem saraf lainnya.
  • Infeksi virus biasanya memiliki gejala ringan dengan durasi pendek, dan relatif tidak berbahaya, serta dapat mencapai pemulihan lengkap. Beberapa jenis ensefalitis yang berat, dengan kemungkinan efek kerusakan otak yang permanen dan bahkan kematian.
  • Kebanyakan organisme lainnya, seperti parasit dan jamur, jarang mengancam jiwa dan dapat sembuh dengan sempurna juga jika kekebalan tubuh pasien baik.