Flatulens/ Perut Kembung – Pencegahan dan Prognosis

Pengurangan atau pencegahan perut kembung yang terbaik adalah dengan memahami makanan apa yang menyebabkan Anda secara pribadi untuk menghasilkan kelebihan gas. Hal ini dapat dilakukan dengan memulai diet sederhana dan perlahan-lahan menambahkan satu makanan pada suatu waktu untuk menentukan makanan menyebabkan Anda menghasilkan gas. Jika Anda mengalami perut kembung berlebihan setelah makan suatu jenis makanan, Anda memiliki kemungkinan untuk menghilangkan gas dengan menghilangkan makanan tersebut yang dari diet Anda. Setelah makanan ini diidentifikasi, makanan ini dapat dihindari sehingga produksi gas berkurang.

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

  • Meluangkan waktu untuk mengunyah makanan Anda dan menelannya tanpa melewati udara dan menghindari minuman berkarbonasi juga dapat mengurangi perut kembung dan/ atau bersendawa.
  • Beberapa individu dapat mengurangi atau mencegah pembentukan gas berlebihan dengan menggunakan produk-produk obat yang dijual bebas seperti Beano yang akan membantu mencerna gula yang ditemukan dalam kacang-kacangan. Produk obat lain seperti simetikon dapat membantu mengurangi pembentukan gas.
  • Bagi orang-orang yang tidak toleran laktosa, laktase dapat dikonsumsi sebelum makan atau menghindari minum produk susu dapat membantu mengurangi gas; beberapa profesional kesehatan merekomendasikan hanya mencoba untuk menghindari produk susu pada umumnya. Ada beberapa produk bebas laktosa seperti susu, keju, krim asam, yogurt, dan es krim, dan beberapa dijual dengan nama “Lactaid,” atau “Green Valley.”
  • Selain itu, beberapa individu telah menemukan pakaian dalam dengan arang tertanam dalam pakaian dan produsennya mengklaim efektif dalam mengurangi bau kentut.

Apa prognosis untuk orang dengan perut kembung atau gas yang berlebihan?
Mayoritas individu dengan perut kembung memiliki prognosis yang sangat baik jika mereka mengubah kebiasaan diet mereka dan kadang-kadang menggunakan obat anti-gas. Orang dengan penyebab yang lebih serius dari perut kembung memiliki prognosis cukup karena memerlukan perawatan tambahan untuk mengurangi atau menghilangkan penyebab yang mendasari.