Serangan Jantung – Pencegahan

doktersehat-serangan-jantung-nyeri-dada

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan setelah Anda terkena serangan jantung adalah menjaga jantung Anda sehat dan mengurangi risiko Anda mengalami serangan jantung lagi. Cara menangkal serangan jantung kembali di masa depan diantaranya adalah dengan mengonsumsi obat, mengubah gaya hidup, dan mengunjungi dokter untuk pemeriksaan jantung yang teratur.

Apakah perlu mengonsumsi obat setelah serangan jantung?

Obat yang diresepkan setelah serangan jantung berguna untuk:

  • Mencegah pembekuan darah di kemudian hari.
  • Mengurangi kerja jantung dan meningkatkan kinerja hati.
  • Mencegah plak dengan menurunkan kolesterol.

Obat lain dapat diresepkan jika diperlukan. Ini termasuk obat untuk mengobati detak jantung yang tidak teratur, tekanan darah rendah, mengontrol angina, dan mengobati gagal jantung.

Penting untuk mengetahui nama-nama obat Anda, apa manfaat masing-masing obat, dan seberapa sering Anda perlu mengonsumsinya. Dokter atau perawat harus meninjau obat yang Anda konsumsi. Simpanlah daftar obat Anda dan bawa selalu setiap kunjungan dokter. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang obat tersebut, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Perubahan Gaya Hidup Setelah Serangan Jantung

Untuk mencegah perkembangan penyakit jantung dan serangan jantung, Anda harus mengikuti saran dokter dan membuat perubahan gaya hidup yang diperlukan. Yang harus Anda lakukan adalah berhenti merokok, menurunkan tingkat kolesterol darah, mengontrol diabetes dan tekanan darah tinggi, menyusun rencana olahraga, menjaga berat badan ideal, dan mengendalikan stres.

Selain itu, konsultasi dengan dokter selama empat sampai enam minggu setelah Anda meninggalkan rumah sakit karena serangan jantung. Dokter mungkin meminta Anda untuk menjalani tes diagnostik seperti tes stres olahraga secara teratur. Tes ini dapat membantu dokter mendiagnosa perkembangan penyumbatan di arteri koroner dan rencana pengobatan selanjutnya.

Hubungi dokter lebih cepat jika Anda memiliki gejala seperti nyeri dada yang menjadi lebih sering, berlangsung lebih lama, atau menyebar ke daerah lain disertai sesak napas.

Serangan Jantung : 1 2 3 4 5 6