Rhematoid Arthritis – Penanganan dengan Olahraga dan Bedah

Rheumatoid arthritis juga dapat mempengaruhi area lain dari tubuh, dan gejala-gejala ini dapat diobati secara individual.

doktersehat-renang

  • Sindrom Sjögren dapat menyebabkan kekeringan mata dan dapat diobati dengan obat tetes mata untuk melembabkan, dan juga tetes untuk meningkatkan produksi air mata seperti cyclosporine (Restasis). Mulut kering yang berhubungan dengan Sindrom Sjögren dapat diobati dengan obat kumur dan pasta gigi tertentu.
  • Peradangan selaput jantung (pericarditis) biasanya membutuhkan penjagaan untuk menjaga tingkat peradangan dan banyak obat RA dapat membantu.
  • Radang limpa (sindrom Felty) dapat menyebabkan penurunan sel darah putih, yang meningkatkan risiko infeksi dan dapat diobati dengan obat granulosit stimulating factor/ GSF, digunakan untuk meningkatkan jumlah sel darah putih.
  • Nodul Rheumatoid mungkin memerlukan suntikan steroid, atau operasi untuk diambil jika parah.
  • Peradangan pada pembuluh darah (vaskulitis) dapat diobati dengan obat penghilang rasa sakit, antibiotik, dan melindungi daerah yang terkena.

Aktivitas fisik dan istirahat
Keseimbangan aktivitas dan istirahat penting dalam mengelola rheumatoid arthritis. Olahraga dapat ditingkat bila gejala Anda sedang minimal (fase remisi), dan lebih banyak beristirahat ketika gejala semakin berat (fase flare atau kambuh).

Olahraga membantu menjaga kelenturan sendi dan gerakan. Ada latihan terapi dengan terapi fisik yang diresepkan, yang dapat membantu mempertahankan kekuatan, fleksibilitas, dan berbagai gerakan sendi tertentu atau bagian tubuh yang dipengaruhi oleh RA. Banyak kegiatan rekreasi seperti berjalan, berenang yang  sangat membantu karena memungkinkan sedikit gerakan dengan tidak berdampak pada sendi. Konsultasikan dengan rheumatologis atau fisioterapis untuk mencari tahu apa latihan yang tepat untuk Anda.

Dokter sering merekomendasikan olahraga dan latihan berikut untuk dampak stres rendah relatif mereka pada sendi.

  • Berjalan
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Senam (yoga, tai chi, dll)
  • Membangun kekuatan
Baca Juga:  Rheumatoid Arthritis - Pemeriksaan Penunjang

Sama seperti olahraga, istirahat juga penting. Bila Anda tahu Anda sedang kambuh dan gejala lebih buruk, yang terbaik adalah untuk mengurangi aktivitas Anda sehingga mampu meminimalkan peradangan dan nyeri sendi, dan untuk mengatasi kelelahan.

Bedah untuk rheumatoid arthritis
Dengan rheumatoid arthritis yang parah, operasi mungkin diperlukan untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi sendi. Beberapa operasi termasuk penggantian sendi, fusi sendi (arthrodesis), rekonstruksi tendon, dan pengambilan jaringan meradang (sinovektomi). Diskusikan pilihan pengobatan Anda dengan dokter Anda untuk mengetahui apa yang tepat untuk Anda.