Neuropati – Penanganan

Penanganan neuropati melibatkan tindakan untuk mengendalikan gejala dan juga tindakan pengobatan yang mengatasi penyebab neuropati, jika sesuai. Perawatan medis untuk diabetes, penyakit autoimun, infeksi, penyakit ginjal, dan kekurangan vitamin bervariasi dan diarahkan pada kondisi mendasar yang spesifik. Dalam banyak kasus, pengobatan penyakit yang mendasari dapat mengurangi atau menghilangkan gejala neuropati. Beberapa kasus, terutama yang melibatkan kompresi atau jebakan saraf oleh tumor atau kondisi lainnya, dapat dikurangi dengan pembedahan.

doktersehat-penderita-diabetes-pakai-sandal-jepit-kaki

Kontrol kadar glukosa darah (gula) penting dalam pengobatan neuropati diabetes untuk membantu mencegah kerusakan saraf lebih lanjut.

Percobaan klinis sedang dilakukan untuk membantu menemukan pengobatan baru dan lebih efektif untuk neuropati. Misalnya, perawatan yang melibatkan stimulasi saraf listrik atau stimulasi saraf magnetik sedang dipelajari.

Adakah pengobatan mandiri di rumah untuk neuropati?
Perhatian khusus dan hati-hati pada kaki penting pada orang dengan neuropati untuk mengurangi kemungkinan timbulnya luka dan infeksi. Saraf ke kaki adalah saraf yang paling sering terkena neuropati. Perawatan kaki yang benar meliputi:

  • Basuh kaki dengan air hangat setiap hari dan kaki yang benar-benar kering setelah dicuci (terutama di antara jari-jari kaki);
  • Jangan pernah bertelanjang kaki atau memakai sepatu yang tidak pas, rusak, atau terlalu ketat;
  • Memeriksa kaki setiap hari, mencari luka, lecet, atau masalah lainnya;
  • Potong kuku kaki bila dibutuhkan;
  • Kaus kaki tebal dan mulus bisa membantu mencegah iritasi pada kaki;
  • Hubungi praktisi kesehatan Anda jika Anda memiliki masalah dengan kaki Anda;
  • Memijat kaki bisa meningkatkan sirkulasi; dan
  • Menghentikan merokok dapat memperbaiki sirkulasi darah lebih lanjut, karena merokok merusak sirkulasi ke ekstremitas dan dapat memperburuk masalah kaki.

Apa pengobatan yang digunakan untuk mengobati neuropati?
Sejumlah obat telah berguna dalam mengendalikan rasa sakit neuropati perifer.