Luka Bakar – Penanganan

Kebanyakan luka bakar ringan akan sembuh sendiri, dan pengobatan biasanya diperlukan untuk meringankan gejala dan mempercepat penyembuhan. Tetapi jika Anda curiga Anda mungkin memiliki cedera lebih parah, gunakan langkah-langkah pertolongan pertama.

doktersehat-siku-hitam-lengan-tangan-Eritema-Multiformis-luka-bakar

Pertolongan pertama segera untuk luka bakar

Pertama, hetikan pembakaran untuk mencegah luka bakar yang lebih parah.

  • Luka bakar panas (luka bakar termal): memadamkan api apapun dengan menutupi mereka dengan selimut atau air. Jika pakaian Anda terbakar, tidak menjalankan: berhenti, drop, dan roll pada tanah untuk memadamkan api.
  • Luka bakar suhu Dingin: Coba langkah-langkah pertolongan pertama untuk menghangatkan daerah-daerah kecil dari tubuh Anda (telinga, wajah, hidung, jari, jari kaki) yang benar-benar dingin atau beku dengan cara meniup udara hangat pada bagian-bagian tubuh tersebut atau menyelipkan mereka di dalam pakaian Anda atau merendam dalam air hangat.
  • Luka bakar cair (luka bakar termal): berikan luka dengan air keran mengalir di area kulit yang terkena luka bakar 10 sampai 20 menit. Jangan menggunakan es.
  • Luka bakar listrik: Setelah orang tersebut telah dipisahkan dari sumber listrik, periksa pernapasan dan detak jantung. Jika orang tersebut tidak bernapas atau tidak memiliki detak jantung, hubungi 119.
  • Luka bakar kimia: Makanan alami seperti cabai, yang berisi menjengkelkan zat pada kulit, dapat menyebabkan sensasi terbakar. Ketika luka bakar kimia terjadi, mencari tahu apa kimia menyebabkan luka bakar. Sebut Poison Control Center setempat atau thenational Poison Kontrol Hotline (1-800-222-1222) untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana memperlakukan luka bakar.
  • Tar atau plastik panas luka bakar: Segera menjalankan air dingin selama tar panas atau plastik panas untuk mendinginkan tar atau plastik.
Baca Juga:  Luka Bakar - Estimasi Luas

Berikutnya, cari cedera lainnya. Luka bakar mungkin tidak menjadi satu-satunya cedera fisik di tubuh.

Ambil semua perhiasan atau pakaian di lokasi luka bakar. Jika ada kain pakaian yang menempel di luka tersebut, jangan diambil. Hati-hati memotong pakaian di sekitar kain yang menempel. Ambil semua perhiasan, karena mungkin sulit untuk mengambilnya nanti jika terjadi pembengkakan tubuh.