Penanganan Keseleo Pada Kaki

DokterSehat.Com – Kadang kala kita sudah merasa berjalan dengan benar, namun kaki kita justru mengalami keseleo yang bisa menyebabkan rasa nyeri dan pincang-pincang. Keseleo sering kali dianggap sebagai cedera yang ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Hanya saja, kita juga harus berhati-hati dalam menangani keseleo sehingga masalah ini bisa segera sembuh dan kita bisa lagi bergerak dengan normal. Berikut adalah beberapa penanganan untuk meredakan keseleo pada kaki.



Hal pertama yang harus kita lakukan jika kita tiba-tiba keselo adalah dengan mengompres bagian kaki yang mengalami keselo. Kita bisa mengambil es batu dan tempatkan pada kantong plastik dan kemudian gunakan es batu ini untuk mengompres kaki setidaknya lima atau sepuluh menit. Kompres dengan es batu ini diyakini akan mengurangi pembengkakan dan trauma pada kaki yang mengalami keseleo. Saat mengompres bagian kaki yang keseleo, jangan ragu untuk memberikan penekanan pada kaki yang terasa sakit untuk dapat membuat pembengkakan menjadi lebih reda.

Kaki yang mengalami keseleo bisa digerakkan dan diangkat lebih tinggi dari posisi jantung. Gunakan posisi tidur telentang dan cobalah untuk mengangkat kaki yang terkena keseleo. Cara ini diyakini bisa membuat aliran darah pada bagian kaki yang keseleo akan menjadi lebih lancar sehingga resiko mendapatkan cedera yang lebih berat pun bisa ditekan.

Jangan terlalu paksakan kaki yang mengalami keseleo untuk melakukan kegiatan terlalu banyak. Sebagai contoh, jika kaki memang masih terlalu sakit untuk dipakai menapak, maka kita tentu harus mengurangi porsi berjalan terlebih dahulu dan membiarkan kaki beristirahat. Andai kaki sudah bisa dipakai untuk berjalan, jangan terburu-buru untuk dipakai untuk melompat atau berlari sehingga kaki pun bisa sembuh dengan total dari masalah keseleo  di kemudian hari. Jika diperlukan, kita juga mengurut atau memijat kaki yang mengalami keseleo agar pemulihan pun bisa segera cepat didapatkan.

Baca Juga:  Pare, Sayuran Pahit Namun Berkhasiat Melawan Diabetes