Kanker Pankreas – Penanganan: Terapi Kuratif dan Terapi Adjuvan

Pembedahan adalah pengobatan utama – dan kemungkinan satu-satunya pengobatan kuratif untuk kanker pankreas. Sebagian besar pasien tidak dapat menjalani operasi yang berpotensi kuratif. Ketika operasi semacam itu dilakukan, namun temuan patologi pada spesimen bedah yang diperoleh tidak tampak menguntungkan, maka pengobatan lebih lanjut sering direkomendasikan dalam upaya untuk mengurangi kemungkinan kambuh dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan penyembuhan. Terapi tersebut disebut terapi ajuvan. Terapi adjuvan biasanya melibatkan kemoterapi dengan atau tanpa terapi radiasi, dan biasanya dilakukan setelah operasi dilakukan.

doktersehat-kanker-pankreas

Faktor yang meningkatkan risiko kanker bisa kambuh setelah operasi pengangkatan kanker adalah sebagai berikut:

  • Tumor timbul di tepi spesimen bedah (disebut sebagai margin positif)
  • Tumor timbul dalam pembuluh darah atau saluran getah bening
  • Tumor ada di sepanjang saraf
  • Kelenjar getah bening di sekelilingnya mengandung kanker

Pilihan untuk terapi adjuvant meliputi:

  • Kemoterapi dan terapi radiasi diberikan secara bersamaan
  • Kemoterapi saja

Tidak ada rekomendasi standar yang tersedia untuk terapi ajuvan, dan tetap merupakan penelitian klinis intensif. Penderita kanker sebaiknya mendaftar dalam percobaan klinis untuk mengetahui kemajuan-kemajuan terapi terbaru dan diikutsertakan dalam penelitian klinis.

Untuk kanker pankreas lokal yang tidak dapat diangkat melalui operasi dengan aman, kombinasi kemoterapi dan terapi radiasi atau kemoterapi saja mungkin ditawarkan. Perawatan ini tetap kontroversial, dan berbagai pusat kesehatan memiliki rekomendasi berbeda berdasarkan sejumlah faktor seperti ukuran penyakit dan gejalanya.

Kemoterapi adalah landasan pengobatan kanker pankreas yang bersifat lokal lanjut atau metastasis. Agen kemoterapi yang paling umum digunakan dalam setting ini adalah gemcitabine. Namun, dalam sebuah penelitian tahun 2013, agen oral baru menyebut S-1 (fluoropyrimidine S-1), jika dibandingkan dengan gemcitabine menunjukkan tingkat kelangsungan hidup (survival rates) yang jauh lebih baik dan mungkin menjadi obat baru yang akan menawarkan tingkat kelangsungan hdup yang lebih tinggi kepada pasien. Ada kemungkinan manfaat yang lebih tinggi dalam kasus kanker pankreas yang menyebar atau metastasis dengan menggunakan kombinasi obat kemoterapi.

Kanker Pankreas – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10