Flatulens/ Perut Kembung – Penanganan dengan Obat

Tujuan pengobatan dari perut kembung adalah untuk mengurangi gas dan bau. Intervensi medis meliputi pengobatan dengan antibiotik jika diduga terjadi pertumbuhan berlebih bakteri pada saluran pencernaan atau bukti ada infeksi parasit.

doktersehat-obat-serangan-jantung

  • Beberapa penelitian yang menjanjikan telah menyelidiki memelihara bakteri strain non-ofensif (menggunakan probiotik) untuk mendorong keluar bakteri yang ofensif, meskipun tidak ada perawatan yang tersedia saat ini.
  • Mengatur fungsi usus sangat penting. Sembelit harus ditangani dengan peningkatan serat makanan atau obat pencahar tertentu.
  • Dalam kasus di mana kecemasan menyebabkan orang menelan udara, dokter mungkin menyarankan orang mencari konseling kesehatan mental untuk mengubah pola kebiasaan.

Apa obat yang dijual bebas atau obat resep untuk mengobati perut kembung atau gas yang berlebihan?
Jika orang tersebut tidak ingin menghindari makanan yang menyebabkan gas, banyak obat-obatan yang tersedia untuk membantu mengurangi gejala.

  • Beano adalah suplemen enzim yang mungkin berguna ketika mengkonsumsi kacang. Beano berisi enzim yang mencerna gula yang tubuh miliki tapi dalam jumlah kurang untuk untuk mencerna gula dalam kacang-kacangan dan sayuran. Beano tidak berpengaruh pada gas yang disebabkan oleh laktosa atau serat. Beano dapat dibeli bebas di warung. Tambahkan 3-10 tetes per porsi tepat sebelum makan kacang-kacangan dan sayuran untuk memecah gula yang memproduksi gas selama proses pencernaan.
  • Antasida, mengandung simetikon (juga disebut pil anti-gas atau pil gas), agen berbusa yang menggabungkan gelembung gas di perut sehingga gas lebih mudah dibuang melalui sendawa. Namun, obat-obat ini tidak berpengaruh pada gas yang ada usus. Obat ini dikonsumsi sebelum makan. Dosis bervariasi.
  • Tablet activated charcoal (Charcocaps) dapat memberikan bantuan dari gas dalam usus besar. Gas dapat berkurang jika tablet dikonsumsi sebelum dan setelah makan. Dosis umum adalah 2-4 tablet dikonsumsi sebelum makan dan satu jam setelah makan.
  • Resep obat-obatan tertentu dapat membantu mengurangi gejala, terutama jika Anda memiliki gangguan seperti sindrom iritasi usus besar. Beberapa obat-obatan seperti metoclopramide (Reglan) juga telah terbukti menurunkan keluhan gas dengan meningkatkan aktivitas usus.