Divertikulitis – Penanganan di Rumah, Operasi, dan Komplikasi

Pengobatan alami atau penanganan mandiri untuk membantu menenangkan gejala diverticulitis adalah seperti disebutkan sebelumnya, makan diet tinggi serat, minum banyak cairan, dan berolahraga secara teratur untuk menjaga usus berfungsi dengan baik dan mencegah sembelit.

doktersehat-konsultasi-dokter

Bagaimana operasi untuk divertikulitis?
Jika serangan divertikulitis sering atau berat, dokter mungkin menyarankan operasi untuk mengambil bagian dari usus pasien.

  • Seperti halnya operasi, terdapat risiko pasien yang perlu didiskusikan dengan dokternya.
  • Kadang-kadang operasi membutuhkan setidaknya dua operasi terpisah pada kesempatan yang berbeda.

Apa dokter spesialis yang menangani divertikulitis dan divertikulosis?
Anda mungkin awalnya didiagnosis dengan divertikulosis atau divertikulitis oleh dokter seperti dokter keluarga, penyakit dalam, atau dokter anak. Anda dapat dirujuk ke spesialis digestif, seorang spesialis dalam saluran pencernaan, untuk perawatan lebih lanjut.

Dapatkah divertikulitis dan divertikulosis dicegah?
Makan makanan tinggi serat tidak hanya akan mengurangi kesempatan seseorang terkena divertikulosis dan divertikulitis; namun juga akan menguntungkan kesehatan seseorang dalam hal lain seperti menurunkan risiko kanker usus besar dan penyakit jantung

Apa prospek untuk orang dengan divertikulitis atau divertikulosis?
Kebanyakan orang sembuh sepenuhnya setelah ditangani. Jika tidak segera diobati, divertikulitis dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius dan komplikasi berikut:

  • Perforasi: Lubang di usus yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di kantong divertikular dan infeksi di dalam usus.
  • Peritonitis: Infeksi yang lebih serius dari rongga perut yang sering terjadi setelah perforasi, ketika isi usus bocor keluar ke dalam rongga perut (peritoneum) di luar usus.
  • Abses: Kantong infeksi yang sangat sulit disembuhkan dengan antibiotik.
  • Fistula: Hubungan seperti terowongan yang abnormal antara usus besar dan organ lain yang terjadi ketika usus yang rusak akibat infeksi dan terjadi kontak dengan jaringan lain, seperti kandung kemih, usus kecil, atau bagian dalam dinding perut. Feses (tinja) dari usus besar kemudian dapat masuk ke jaringan lain. Hal ini sering menyebabkan infeksi parah. Jika feses masuk ke kandung kemih, misalnya, infeksi saluran kemih dapat terjadi dan menjadi berulang, sangat sulit disembuhkan.
  • Penyumbatan atau obstruksi usus
  • Perdarahan pada usus
Baca Juga:  Poliomielitis (Polio) - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dari orang-orang yang dirawat di rumah sakit untuk divertikulitis, beberapa pasien mengalami komplikasi yang memerlukan operasi.

Individu yang lebih muda dari usia 40 tahun yang mengidap penyakit tertentu atau mengkonsumsi obat tertentu yang menurunkan sistem kekebalan tubuh, memiliki kesempatan lebih besar mengalami komplikasi dan harus menjalani operasi.

Sekitar setengah dari orang yang memiliki divertikulitis akan kambuh dalam waktu tujuh tahun setelah kondisi ini dirawat dan dalam remisi. Episode kedua mungkin lebih buruk daripada yang pertama. Cari perawatan profesional  kesehatan jika Anda mengenali gejala awal dari divertikulitis atau divertikulosis.