Penyalahgunaan Kokain – Penanganan dan Pengobatan

Berikut merupakan beberapa pengobatan penyalahgunaan kokain dan home remedies.

doktersehat-sakit-infus-tangan

Yang pertama dan terpenting, pelaku kokain harus berhenti menggunakan narkoba dan obat lain yang menyertai penggunaannya. Tidak banyak komplikasi penggunaan kokain dapat diobati di rumah. Komplikasi yang paling umum adalah masalah kejiwaan.

Kecemasan, agitasi ringan, kehilangan nafsu makan, insomnia, lekas marah, serangan panik ringan, depresi ringan, dan sakit kepala ringan bisa dirawat di rumah dengan menghentikan penggunaan obat.

Hidung meler, hidung tersumbat, dan mimisan dapat juga dirawat di rumah dengan menghentikan penggunaan kokain, meningkatkan kelembaban udara dengan alat penguap dan pelembap, dan melakukan tekanan hidung langsung selama 10 menit untuk menghentikan mimisan tersebut. Oleskan antibiotik topikal seperti bacitracin atau petroleum jelly untuk membantu dengan pengeringan dan pengerasan kulit. Hindari mencutik hidung.

Batuk kronis atau batuk hitam tanpa darah dapat diobati lagi dengan penghentian merokok kokain dan obat lain seperti tembakau atau ganja. Obat batuk yang mengandung bahan guaifenesin, senyawa aktif dalam Robitussin, ditambah konsumsi air yang meningkat dapat membantu.

Pengguna narkoba jarum suntik yang terus menggunakan kokain sebaiknya jangan berbagi-bagi jarum suntik melainkan dengan menggunakan jarum suntik steril. Bersihkan kulit dengan benar sebelum menyuntikkan juga menurunkan risiko infeksi.