Sindrom Reye – Penanganan dan Pencegahan

Diagnosis sindrom Reye dibuat secara klinis yaitu ketika ada seorang anak yang menunjukkan adanya disfungsi otak yang tidak dapat dijelaskan (ensefalopati), muntah, dan disfungsi hati, ada riwayat infeksi virus dan penggunaan aspirin. Secara umum, pemeriksaan laboratorium menunjukkan adanya peningkatan enzim hati dan kadar amonia dan penurunan glukosa serum (hipoglikemi) yang dapat mendukung diagnosis.  Namun, perlu dingat bahwa gangguan metabolik lain juga dapat menunjukkan gejala yang sama.

doktersehat-virus-zika-anak-sakit-persendian-otot-cacingan-sakit

Apa tatalaksana Sindrom Reye?
Sayangnya, tidak ada tatalaksana efektif absolut untuk sindrom Reye. Tatalaksana sindrom reye secara umum bertujuan untuk menurunkan efek dari disfungsi metabolik yang sedang terjadi di dalam tubuh. Pasien dengan sindrom Reye biasanya dimasukkan ke ruang rawat intensif (ICU) supaya dapat dikelola oleh dokter yang khusus menangani kondisi kritis pada anak-anak. Pada kondisi ini, mereka dapat dimonitor untuk perburukan kondisi neurologik dan metabolik. Tujuan utama adalah untuk mengatur ketidakseimbangan elektrolit dan pembengkakan otak. Sulit untuk memprediksi pasien yang mengalami perburukan penyakit, namun ada beberapa obat yang bekerja untuk menurunkan kadar amonia (amonia adalah salah satu zat kimia yang diketahui meningkatkan pembengkakan otak). Selain itu, kasus sindrom Reye yang memberat dan resisten terhadap pengobatan juga mampu disarankan untuk dilakukan cuci darah/ hemodialisis untuk membuang racun yang dipercaya berpengaruh terhadap pembengkakan otak.

Bagaimana prognosis Sindrom Reye?
Terdapat variasi kondisi selanjutnya yang signifikan pada anak-anak yang terkena Sindrom Reye. Kondisi ini tergantung pada keparahan dan progresivitas penyakit. Beberapa anak dapat terkena sindrom Reye yang ringan dan sembuh sempurna, namun lainnya dapat mengalami disfungsi permanen di otak atau meninggal. Secara umum, anak-anak yang didiagnosis dan ditangani secara dini dapat memiliki hasil yang lebih baik. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingginya kadar amonia dalam tubuh menyebabkan prognosis yang lebih buruk.

Baca Juga:  Sindrom Reye - Penyebab dan Gejala

Apakah mungkin untuk mencegah sindrom Reye?
Meskipun kita tidak mengetahui bagaimana mencegah sindrom Reye secara lengkap, namun dengan mengurangi penggunaan aspirin pada anak-anakk akan menunjukkan penurunan insidensi penyakit. Pada tahun 1980, terdapat lebih dari 500 kasus sindrom Reye di Amerika Serikat, dan sekarang hanya 2 kasus per tahun. Statistik serupa juga ditunjukkan di Inggris.

Penelitian apa yang sekarang dilakukan di ranah Sindrom Reye?
Kebanyakan peneliti fokus terhadap pemicu sindrom Reye dan bagaimana aspirin mempengaruhi penyakit ini. Selain itu, beberapa peneliti mencoba menemukan kenapa beberapa pasien mengalami perburukan dengan cepat dan beberapa pasien sembuh sempurna.