Fetal Alcohol Syndrome (FAS) – Penanganan dan Pencegahan

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Semakin banyak alkohol yang Anda minum selama kehamilan, semakin besar kemungkinan bayi Anda mengalami FAS. Anda bisa membahayakan bayi Anda bahkan sebelum Anda menyadari bahwa Anda sedang hamil. Jadi, untuk mencegah FAS sebaiknya Anda jangan minum alkohol jika Anda sedang hamil atau mencoba untuk hamil.

Penanganan Fetal Alcohol Syndrome

Setelah FAS diketahui dialami oleh anak, maka orang tua harus memberikan pendidikan khusus. Anak-anak dengan FAS sangat sensitif terhadap gangguan di lingkungan sekitar. Namun, merawat anak dengan FAS bisa menyulitkan bagi keluarga karena terkait dengan pola belajar dan perilaku yang berbeda dari kebanyakan anak lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa meminta bantuan layanan psikologis bagi anak dan keluarga. Selain itu, keluarga juga perlu bekerjasama dengan sejumlah tenaga profesional seperti guru, psikolog dan dokter.

Pencegahan Fetal Alcohol Syndrome

Wanita hamil dapat mencegah FAS dengan cara tidak meminum alkohol sepanjang kehamilan. Seorang wanita yang minum alkohol, meskipun hanya sedikit dan kadang-kadang sebelum dia menyadari bahwa dia sedang hamil, hal itu dapat mengganggu perkembangan janin.

Wanita yang berusaha untuk hamil juga harus menghindari alkohol. Ini berlaku untuk semua jenis minuman beralkohol, termasuk bir, anggur, dan minuman keras (seperti wiski, vodka, tequila, gin dan rum).

Semakin banyak minum alkohol saat hamil, semakin besar risiko yang ditimbulkan bagi bayi. Risiko dapat hadir setiap saat selama kehamilan. Ingatlah, jika wanita hamil tetap mengonsumsi alkohol maka hal itu bisa mengganggu fitur wajah anak, gangguan jantung dan organ lainnya, termasuk tulang, dan sistem saraf pusat yang biasanya berkembang selama trimester pertama.

Saat itulah bagian-bagian janin berada dalam tahap utama perkembangan. Pada minggu-minggu awal trimester pertama, banyak wanita mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang hamil.

Segera ke dokter jika Anda:

  • Berpikir Anda mungkin hamil.
  • Saat Anda berpikir Anda memiliki masalah alkohol atau Anda tidak bisa berhenti minum meskipun Anda sudah berusaha untuk menghentikannya.
  • Saat Anda minum alkohol selama kehamilan dan berpikir anak Anda mungkin memiliki FAS.
Fetal Alcohol Syndrome (FAS) – Halaman Selanjutnya: 1 2 3