Fetal Alcohol Syndrome (FAS) – Penanganan dan Pencegahan

Meskipun tidak ada obat untuk FAS, anak-anak yang didiagnosis awal – sebaiknya pada usia prasekolah – memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengatasi kondisi tersebut karena sejak awal pendidikan mereka dapat dirancang untuk memaksimalkan potensi mereka.

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Pengobatan konvensional
Setelah FAS terkait keterlambatan perkembangan anak diketahui, anak tersebut memenuhi syarat untuk mendapatkan modifikasi kurikulum, kelas pendidikan khusus, bantuan ruang kelas tambahan dan layanan lainnya yang tersedia di SLB.

Karena anak-anak dengan FAS sangat sensitif terhadap gangguan, lingkungan, rumah yang penuh kasih sayang yang stabil adalah penting. Namun, merawat anak dengan FAS dapat sangat menegangkan bagi keluarga karena masalah belajar dan masalah perilaku yang berhubungan dengan sindrom. Pelayanan sosial, seperti jasa perawatan dan dan manajemen-perilaku, dapat membantu keluarga untuk mengatasi kondisi ini.

Pencegahan kondisi sekunder yang terkait dengan FAS dapat dibuat dengan pendidikan, kesehatan dan layanan psikologis yang baik bagi anak dan keluarga. Artinya, kondisi ini perlu bekerjasama  dengan berbagai profesional, termasuk guru, pekerja sosial, psikolog, dokter dan perawat.

Pencegahan
Wanita hamil dapat mencegah FAS dengan cara tidak meminum alkohol sepanjang kehamilan. Seorang wanita yang minum alkohol, meskipun hanya sedikit dan kadang-kadang sebelum dia menyadari bahwa dia sedang hamil, dapat mengganggu perkembangan janin. Karena tidak ada jumlah penggunaan alkohol selama kehamilan telah terbukti aman, wanita manapun yang mencurigai bahwa ia mungkin hamil harus berhenti minum segera. Wanita yang berusaha untuk hamil juga harus menghindari alkohol. Ini berlaku untuk semua jenis minuman beralkohol, termasuk bir, anggur, dan minuman keras (seperti wiski, vodka, tequila, gin dan rum).

Tidak ada bukti bahwa minum oleh seorang ayah dapat menyebabkan FAS pada anak nya. Namun, pria yang berhenti minum selama kehamilan pasangan mereka mungkin lebih mampu untuk membantu mitra mereka menghindari alkohol.

Baca Juga:  Kecanduan Alkohol/ Alkoholisme - Perawatan Medis

Telepon dokter Anda jika:

  • Anda berpikir Anda mungkin hamil.
  • Anda berpikir Anda memiliki masalah alkohol atau Anda tidak bisa berhenti minum meskipun Anda sudah berusaha untuk menghentikannya.
  • Anda minum alkohol selama kehamilan Anda dan berpikir anak Anda mungkin memiliki FAS.
Fetal Alcohol Syndrome (FAS) – Halaman Selanjutnya: 1 2 3