Uretritis Pada Pria – Penanganan dan Komplikasi

Jika dokter Anda mengira Anda menderita uretritis, Anda akan diminta memberikan spesimen urin. Spesimen tersebut akan diperiksa untuk tanda-tanda infeksi dan pembengkakan. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap penis dan testis Anda dan melakukan pemeriksaan rektal untuk mengevaluasi prostat Anda untuk tanda-tanda infeksi. Dokter dapat mengambila sapuan tipis spesimen dari uretra untuk diperiksa. Jika dokter menduga Anda memiliki penyakit menular seksual, sampel darah dapat diuji.

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

Perawatan di rumah
Perawatan di rumah untuk uretritis mengurangi gejalanya.

  • Minum cairan untuk mencairkan urin anda. Ini akan mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan saat buang air kecil.
  • Anda dapat mengkonsumsi memakai obat antiinflamasi nonsteroid (seperti ibuprofen) dan parasetamol untuk pengendalian rasa sakit.
  • Mandi di bath tub dapat membantu pembakaran yang terkait dengan uretritis iritan kimia. Isi bak mandi dengan 15-20 cm air hangat, cukup untuk menutupi alat kelamin Anda saat Anda duduk di bak mandi. Cobalah ini beberapa kali dalam sehari. Jangan gunakan sabun atau apapun di bak mandi yang bisa mengiritasi daerah yang sudah sakit.

Pengobatan untuk uretritis
Infeksi menyebabkan sebagian besar kasus uretritis.

  • Penggunaan antibiotik.
  • Berbagai perawatan tersedia.
  • Terkadang Anda akan mendapat suntikan (atau suntikan antibiotik).
  • Durasi pengobatan berkisar antara satu sampai 14 hari.
  • Dalam kasus infeksi menular seksual, antibiotik digunakan secara rutin.
  • Dalam situasi ini, semua pasangan seksual juga membutuhkan perawatan.
  • Anda seharusnya tidak berhubungan seks atau Anda harus menggunakan kondom sampai kran pasangan telah menyelesaikan terapi medis.
  • Siapa pun yang memiliki tanda-tanda infeksi berat yang telah menyebar ke seluruh tubuh mungkin memerlukan masuk ke rumah sakit untuk mendapatkan antibiotik infus
Baca Juga:  Uretritis Pada Pria - Pengertian dan Penyebab

Tindak lanjut uretritis
Jika uretritis diobati dengan antibiotik, Anda mungkin diminta untuk datang lagi ke dokter Anda setelah antibiotik dihabiskan. Jangan berhenti minum obat antibiotik bahkan jika Anda merasa lebih baik.

Anda harus mencari perawatan jika gejala Anda kembali atau memburuk saat minum antibiotik.

Prognosis uretritis
Bila diobati secara dini, uretritis sederhana hanya akan mengalami sedikit komplikasi. Jika dibiarkan berkembang, Anda bisa terkena infeksi kandung kemih, infeksi ginjal, atau infeksi yang melibatkan testis atau prostat Anda. Masalah jangka panjang bisa menyebabkan ketidaksuburan atau penyumbatan pada uretra karena striktur uretra (penyempitan uretra).