Hipotensi – Penanganan dan Komplikasi

Tekanan darah rendah tanpa gejala membutuhkan sedikit intervensi.

doktersehat-hipotensi-tekanan-darah-rendah

Jika tekanan darah rendah dikaitkan dengan nyeri dada, sesak napas, atau terjadi karena perdarahan aktif, pengobatan akan terjadi pada saat yang sama dengan evaluasi diagnostik. Kombinasi perdarahan aktif dan tekanan darah rendah ini dapat benar-benar mengancam jiwa, dan penyedia layanan kesehatan mungkin perlu untuk mentransfer pasien ke unit gawat darurat untuk perawatan lebih lanjut. Seorang pasien dengan tekanan darah rendah yang merupakan gejala dapat dianggap kondisi syok (situasi di mana organ tidak dapat berfungsi dengan baik karena kurangnya suplai darah, baca artikel tentang syok).

Cairan intravena dan oksigen dapat diberikan, dan monitoring jantung mungkin diperlukan. Berdasarkan keluhan yang mendasari dan diagnosis potensial, terapi khusus dapat dimulai bahkan tanpa diagnosis yang kuat. Contohnya antibiotik untuk pasien dengan infeksi, adrenalin dan antihistamin untuk pasien dengan reaksi alergi, atau transfusi darah untuk pasien yang mengalami pendarahan, atau pemberian cairan infus dalam laju yang cepat untuk pasien yang mengalami dehidrasi.

Seringkali juga pasien dengan hipotensi datang dengan kondisi normal namun mengaku sebelumnya sering memiliki gejala. Dalam hal ini, penyedia layanan kesehatan memiliki waktu untuk membuat diagnosis yang lebih spesifik dan pengobatan yang tepat untuk penyebab tekanan darah rendah.

Jika pembacaan tekanan darah rendah yang tidak normal, observasi di rumah sakit mungkin tepat. Ini lagi akan tergantung pada situasi dan kondisi pasien.

Komplikasi tekanan darah rendah
Jika tekanan darah rendah menyebabkan kurangnya aliran darah ke organ-organ tubuh, maka organ-organ akan mulai gagal berfungsi. Hal ini dapat mengakibatkan stroke, serangan jantung, gagal ginjal, dan usus iskemia (penurunan suplai darah ke usus kecil dan besar).

Baca Juga:  Hipotensi - Pengertian

Syok dan kematian adalah hasil akhir dari tekanan darah rendah yang berkepanjangan.

Ringkasan

  • Tekanan darah rendah sendiri mungkin kurang penting dibandingkan gejala yang terkait dengan itu.
  • Penyedia layanan kesehatan akan menggali dengan cermat riwayat kesehatan dan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk menemukan penyebabnya.
  • Pengobatan akan didasarkan pada penyebab tekanan darah rendah.
  • Kadang-kadang intervensi darurat akan diperlukan jika gejala menunjukkan risiko komplikasi organ atau syok.
  • Jika tidak ada gejala, tidak ada perawatan yang diperlukan.