Pemilihan Sepatu Ternyata Penting Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Pasangan yang baru mengalami kehamilan pertama biasanya akan merasa sangat bahagia dan mempersiapkan begitu banyak hal demi lancarnya masa kehamilan dan juga kelahiran si buah hati nantinya. Hanya saja, kebanyakan pasangan justru lebih memikirkan pakaian hamil bagi calon ibu dan juga beberapa pakaian bayi. Padahal, kegiatan ibu hamil haruslah diperhatikan dengan benar beserta dengan beberapa perlengkapan yang dipergunakan. Pernahkah anda memperhatikan sepatu atau sandal bagi ibu hamil? Meskipun sepele, pemilihan sepatu atau sandal ternyata sangatlah penting bagi ibu hamil mengingat adanya perubahan bentuk badan dan juga berat badan selama setidaknya sembilan bulan tentu akan mempengaruhi langkah dan pergerakan ibu hamil.

doktersehat-sepatu-wanita

Berat badan ibu hamil cenderung bertambah secara signifikan sehingga tekanan pada kaki pun akan berubah. Ibu hamil biasanya cenderung lebih suka sepatu yang kasual yang terasa ringan dan nyaman untuk dipakai. Sepatu yang cenderung berat akan kurang nyaman dipakai dan bahkan akan membuat pergelangan kaki sakit saat dipakai berjalan untuk jarak yang cukup jauh. Banyak ibu hamil yang memilih untuk memakai sepatu yang memiliki sabuk pergelangan kaki di bagian belakangnya sehingga sepatu pun tetap erat dan nyaman dipakai.

Masa kehamilan juga dapat memicu bertambahnya ukuran kaki dari ibu hamil. Ada baiknya ibu hamil membeli sepatu atau sandal dengan ukuran setengah atau satu angka lebih besar dari ukuran sepatu normal yang dipakai. Andai ternyata terlalu besar, kaus kaki bisa dipakai sebagai pengganjal yang efektif. Masalah utama dalam penggunaan sepatu adalah saat memakai atau melepaskan sepatu. Perut yang membesar tentu saja akan menghalangi tangan dan kaki saat memakai atau melepas sepatu karena kita harus menekuk tubuh dan menekan perut yang membesar. Gunakanlah sepatu yang sederhana dan tidak perlu waktu lama untuk dipakai sehingga area perut tidak akan tertekan terlalu lama saat memakai atau melepas sepatu.

Baca Juga:  Pengobatan Kanker Tulang

Dengan sepatu yang nyaman, ibu hamil pun tetap bisa berkegiatan dengan nyaman dan bahkan bisa saja melakukan olahraga yang sangat baik bagi kesehatan kehamilan dan juga persiapak kelahiran buah hati ke depannya.