Pemicu Kegemukan ini Cenderung Kerap Disepelekan

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu mengharapkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Tidak hanya untuk alasan penampilan fisik yang lebih baik, namun juga bisa menurunkan resiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya. Sayangnya, gaya hidup yang buruk, khususnya dalam kurang baiknya menjaga pola makan yang sehat, pada akhirnya membuat berat badan kita meningkat tajam. Ada pula beberapa hal lain yang bisa membuat kita kegemukan namun kerap kita sepelekan layaknya sebagai berikut.

doktersehat-stres-kerja-emosi-depresi

Kurang tidur
Ada sebuah anggapan yang sangat keliru namun dipercaya oleh masyarakat, yakni jika seseorang kurang tidur, maka Ia akan cenderung bertubuh kurus dan susah untuk gemuk. Padahal, dalam realitanya, kurang tidur bisa memicu seseorang untuk mudah bertambah berat badan dengan cepat. Andai kita kerap begadang di malam hari, kita akan memiliki kecenderungan untuk memakan camilan yang bisa membuat berat badan kita bertambah dengan cepat.

Stres
Selain kurang tidur, banyak orang yang juga berpikir juga stres akan membuat kita kurus. Memang, ada banyak orang yang terkena stres pada akhirnya malas untuk makan sehingga badannya menjadi kurus. Namun, sebagian orang yang mengalami stres justru pada akhirnya mengkonsumsi makanan dengan sangat banyak. Sebagian orang bahkan ingin mengimbangi stres dengan konsumsi makanan yang lezat layaknya junk food, keripik, kue manis, hingga cokelat yang tentu bisa membuat berat badan kita lebih berat. Pakar kesehatan juga menyebutkan jika stres akan mengganggu sistem metabolism dalam tubuh sehingga bisa memicu masalah berat badan.

Jarang sarapan
Banyak alasan untuk meninggalkan sarapan; waktu yang mepet sebelum berangkat kerja, atau bahkan malas untuk makan di pagi hari. Padahal, dengan melewatkan waktu makan, kita bisa memilih untuk mengkonsumsi camilan yang tidak sehat yang tentu bisa memicu kenaikan berat badan.

Baca Juga:  Kram dan Kaki Bengkak Saat Hamil

Menopause
Fase menopause akan membuat wanita mengalami perubahan hormon yang sangat banyak. Hal ini ternyata berpengaruh besar bagi sistem metabolism tubuhnya sehingga akan jauh lebih mudah terkena kegemukan.