Pemerintah Australia Mengeluarkan Travel Warning Ke Indonesia Terkait Kasus Virus Zika

DokterSehat.Com – Setelah mendengar adanya kabar akan adanya WNI pertama yang terinfeksi virus zika yang kini masih dirawat di Taiwan, berbagai reaksi pun muncul dari berbagai kalangan. Bahkan, pemerintah Australia melalui Kementerian Luar Negerinya mengeluarkan travel warning bagi warganya dan menganjurkan untuk tidak mengunjungi Bali terlebih dahulu, terlebih bagi wanita hamil. Andaipun sangat ingin berkunjung ke Indonesia, ada baiknya warga Australia berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

doktersehat-nyamuk-zika-travel-warning-Bali-Australia-chikungunya

Selain karena adanya berita adanya kasus WNI yang sudah terinfeksi oleh virus zika, Pemerintah Australia juga mengkhawatirkan adanya penularan virus zika yang berasal dari Brasil menuju ke Bali, mengingat banyaknya turis dari berbagai negara yang bisa jadi terinfeksi oleh virus ini, yang juga berlibur ke salah satu destinasi wisata favorit dunia ini. Sebagaimana diketahui, virus zika bisa memberikan efek yang berbahaya bagi kehamilan dan bahkan kini pakar kesehatan sangat mengkhawatirkan adanya olimpiade yang diadakan di Rio de Janeiro pada musim panas, tempat dimana virus zika sudah tersebar dengan sangat luar biasa.

Selain karena adanya isu virus zika, travel warning yang dikeluarkan oleh Pemerintah Australia pada warganya untuk tidak mengunjungi Bali dalam waktu dekat ini juga disebabkan oleh fenomena adanya gelombang tinggi yang sedang menerjang Bali dan beberapa daerah di pesisir selatan Indonesia yang diakibatkan oleh adanya sistem badai yang terbentuk di Laut Selatan. Sebagaimana diketahui, terjangan gelombang tinggi yang dikabarkan bisa mencapai 10 kaki atau melebihi 3 meter ini bahkan sudah mencapai landasan pacu Bandara Denpasar, Bali, dan juga membanjiri beberapa jalan tol. Bahkan, 7 nyawa dipastikan sudah hilang akibat gelombang pasang ini, termasuk diantaranya adalah seseorang yang sedang menikmati bulan madunya, yakni Lestari Williams.