Pemerintah Akan Mengadakan Vaksin Kanker Serviks Gratis!

DokterSehat.Com– Kabar gembira datang bagi masyarakat, khususnya kaum hawa di seluruh Indonesia. Kementerian Kesehatan baru-baru ini mulai memberikan program penambahan untuk beberapa jenis vaksin baru, termasuk diantaranya adalah vaksin kanker serviks secara gratis. Sebagaimana diketahui, penyakit yang dipicu oleh virus HPV ini sempat menjadi perbincangan banyak pihak setelah memicu kematian selebritis Julia Perez. Banyak kaum hawa yang mengaku khawatir jika mereka nantinya juga terkena penyakit ini.

doktersehat-vaksin-ulang-kolera

Pakar kesehatan Profesor. Dr. dr. Andrijono, SpOG (K) menyebutkan bahwa kanker serviks bisa menyerang 1 dari 1.000 wanita di tanah air. Rasio ini termasuk sangat tinggi sehingga pemerintah pun berusaha untuk menurunkan resiko tersebut. Sejak tahun 2016 sendiri, Kementerian Kesehatan sudah mulai mengadakan program vaksin kanker gratis pada sejumlah sekolah di tanah air. Target pemberian vaksin tersebut adalah para siswi sekolah dasar.

Mengingat vaksin HPV yang bisa mencegah kanker serviks ini berharga cukup mahal, adanya program vaksin HPV yang gratis tentu menjadi hal yang baik dan diharapkan semakin menekan angka penderita penyakit mengerikan ini.

Dr. Mohammad Subuh, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dari Kementerian Kesehatan, menyebutkan bahwa program vaksin kanker serviks gratis ini sudah mulai dilakukan di DKI Jakarta pada tahun 2016 lalu. Untuk tahun ini, program vaksin gratis ini akan diadakan di berbagai kota besar hingga tahun 2019 mendatang. Tak hanya kanker serviks, ada beberapa jenis vaksin lainnya yang akan dijadikan imunisasi wajib bagi anak-anak seperti vaksin MR atau campak dan rubella, vaksin JE demi mencegah masalah radang otak, dan vaksin pneumo yang bisa mencegah radang paru-paru akut.

Pemberian vaksin ini sendiri didasari oleh penyakit apa yang paling banyak menyerang suatu daerah. Sebagai contoh, vaksin JE akan dilakukan di Bali dan kota Manado, vaksin pneumo akan dilakukan di NTT, Bangka Belitung, dan beberapa kota di pulau Jawa. Untuk kanker serviks, hampir semua kota besar di Indonesia akan mendapatkannya.

Baca Juga:  Benarkah Kanker Serviks Bisa Menular Lewat Ciuman?

Melihat adanya kabar ini, jangan ragu untuk segera mendapatkan vaksin kanker serviks gratis ini jika memang programnya sampai di kota tempat anda tinggal.