Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) – Pemeriksaan: Riwayat Kesehatan dan Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan nyeri punggung bawah dapat dilakukan dengan pemeriksaan riwayat kesehatandan pemeriksaan fisik.

nyeri punggung bawah

Riwayat kesehatan
Karena banyak kondisi yang berbeda dapat menyebabkan sakit punggung, riwayat medis menyeluruh akan dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan. Beberapa pertanyaan yang diajukan dokter ajukan mungkin tidak sesuai bagi Anda, tetapi sangat penting bagi dokter Anda dalam menentukan sumber rasa sakit Anda.

Dokter Anda pertama-tama akan menanyakan banyak pertanyaan tentang timbulnya rasa sakit. (Apakah Anda sering mengangkat beban berat dan merasakan sakit segera setelah mengangkat barang? Apakah rasa sakit itu terjadi secara bertahap atau tiba-tiba sakit?)

Dokter ingin tahu apa yang membuat rasa sakit itu lebih baik atau lebih buruk. Dokter akan menanyakan pertanyaan yang mengacu pada gejala bendera merah. Dia akan bertanya apakah Anda pernah mengalami rasa sakit sebelumnya. Dokter Anda akan menanyakan tentang penyakit baru-baru ini dan gejala terkait seperti batuk, demam, kesulitan buang air kecil, atau penyakit perut. Pada wanita, dokter pasti ingin tahu tentang pendarahan, kram, atau apakah ada cairan yang keluar vagina. Nyeri dari panggul pada wanita, yang dapat mengarah ke infeksi di organ reproduksi, dalam kasus ini, sering terasa di punggung bagian bawah.

Pemeriksaan fisik
Untuk memastikan pemeriksaan menyeluruh, dokter akan memperhatikan tanda-tanda kerusakan saraf saat Anda berjalan dengan tumit, kaki, dan telapak kaki Anda. Refleks tubuh biasanya diuji menggunakan palu refleks, yaitu dokter akan mengetuk dengan ringan area lutut dan di belakang pergelangan kaki. Saat Anda berbaring telentang, satu kaki pada satu waktu meningkat, baik dengan dan tanpa bantuan dokter. Hal ini dilakukan untuk menguji saraf, kekuatan otot, dan menilai adanya ketegangan pada saraf skiatik. Sensasi biasanya diuji dengan menggunakan pin, penjepit kertas, atau benda tajam lainnya untuk menilai hilangnya sensasi di kaki Anda.

Baca Juga:  Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) - Penyebab: Sindrom Akar Saraf

Bergantung pada dugaan dokter, dokter mungkin melakukan pemeriksaan perut, pemeriksaan panggul, atau pemeriksaan dubur. Pemeriksaan ini mencari penyakit yang bisa menyebabkan rasa sakit di area punggung Anda. Saraf terendah di sumsum tulang belakang Anda melayani area sensorik dan otot rektum, dan kerusakan pada saraf ini dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk mengendalikan buang air kecil dan buang air besar. Dengan demikian, pemeriksaan rektum (dengan colok dubur) sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami kerusakan saraf di area tubuh Anda ini.

Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10