Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) – Pemeriksaan: Elektromiogram dan Pemeriksaan Darah

Pemeriksaan saraf
Elektromiogram atau EMG adalah tes yang melibatkan penempatan jarum yang sangat kecil ke otot. Aktivitas listrik dari otot akan dipantau. Penggunaannya biasanya digunakan untuk rasa sakit yang lebih kronis dan untuk memprediksi tingkat kerusakan akar saraf. Tes ini juga mampu membantu dokter membedakan antara penyakit akar saraf dan penyakit otot.

nyeri punggung bawah

Pemeriksaan darah

  • Pemeriksaan sedimentasi atau protein C-reaktif adalah tes darah yang dapat mengindikasikan adanya peradangan atau tidak pada tubuh.
  • Pemeriksaan darah lengkap digunakan untuk mendeteksi peningkatan sel darah putih dan anemia.

Perawatan mandiri
Rekomendasi umum adalah melanjutkan aktivitas normal atau mendekati normal sesegera mungkin. Namun, peregangan atau aktivitas yang memberi tekanan tambahan di bagian punggung tidak dianjurkan.

Tidur dengan bantal di antara kedua lutut sambil berbaring di satu sisi bisa menambah kenyamanan. Beberapa dokter menyarankan berbaring telentang dengan bantal di bawah lutut.

Tidak ada latihan punggung spesifik yang ditemukan untuk memperbaiki rasa nyeri atau peningkatan kemampuan fungsional pada orang dengan nyeri punggung akut. Namun olahraga dapat berguna bagi penderita sakit punggung kronis untuk membantu mereka kembali ke aktivitas normal dan bekerja. Olahraga ini biasanya melibatkan manuver peregangan otot.

Obat-obatan yang dibeli bebas di apotek (tanpa harus diresepkan dokter) dapat sedikit meredakan rasa sakit.

  • Ibuprofen (Advil, Nuprin, atau Motrin), adalah obat yang sangat baik untuk pengobatan jangka pendek dari nyeri punggung bawah. Karena risiko ulkus dan pendarahan gastrointestinal, bicarakan dengan dokter Anda tentang penggunaan obat ini untuk waktu yang lama.
  • Paracetamol (Tylenol) telah terbukti seefektif ibuprofen dalam mengurangi rasa sakit.
  • Agen topikal seperti balsem gosok belum terbukti efektif.
  • Beberapa orang sepertinya memiliki manfaat dari penggunaan terapi suhu seperti pemberian es atau panas. Penggunaannya, meski tidak terbukti efektif, tidak dianggap berbahaya. Hati-hati: Jangan gunakan pad penghangat atau es langsung ke kulit, namun lapisi dengan sesuatu terlebih dahulu.
Baca Juga:  Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) - Pencitraan: Rontgen, Myelogram, MRI, dan CT-Scan

Sebagian besar ahli sepakat bahwa istirahat dengan tidur yang berkepanjangan dikaitkan dengan masa pemulihan yang lebih lama. Selanjutnya, orang yang tidur lebih cenderung mengalami depresi, bekuan darah di kaki, dan penurunan tonus otot. Dengan kata lain, jika memiliki nyeri punggung bawah, tetap bangkit dan bergerak sejauh Anda bisa, bahkan beraktivitas sebisa mungkin mendekati normal sejauh tidak membahayakan punggung bawah.

Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10