Plasenta Previa – Pemeriksaan dan Perawatan

Pendarahan plasenta previa biasanya dimulai setelah minggu ke-20 kehamilan. Seorang wanita harus selalu mencari perawatan medis jika dia mengalami pendarahan pada tahap akhir kehamilan.

doktersehat-hamil-tes-usg

Pemeriksaan plasenta previa
Plasenta previa dicurigai ketika seorang wanita pada minggu ke-20 kehamilan atau lebih mengalami perdarahan. Pemeriksaan USG digunakan untuk menegakkan diagnosis. Pemeriksaan USG dilakukan sebelum pemeriksaan fisik dari pemeriksaan pelvis karena pemeriksaan fisik dapat memperburuk perdarahan.

Evaluasi USG transabdominal (menggunakan probe pada dinding perut) dan transvaginal (dengan probe dimasukkan dalam vagina, tetapi jauh dari tempat pembukaan serviks) dapat dilakukan, untuk menentukan lokasi yang tepat dari plasenta.

Perawatan placenta previa
Pengobatan plasenta previa tergantung pada volume perdarahan, umur kehamilan dan kondisi janin, posisi plasenta dan janin, dan apakah perdarahan telah berkurang atau terus berlanjut.

Sesar mungkin diperlukan untuk semua jenis plasenta previa dan universal diperlukan dalam kasus plasenta previa lengkap.

Perawatan diri di rumah untuk placenta previa
Wanita dengan plasenta previa pada trimester ke-3 kehamilan biasanya disarankan untuk menghindari hubungan seksual dan olahraga, serta untuk mengurangi tingkat aktivitas mereka. Istirahat juga biasanya disarankan. Jika ada sedikit atau tidak ada perdarahan, atau jika perdarahan telah berhenti, pasien dapat beristirahat di rumah. Wanita yang tinggal di rumah harus mampu mengakses perawatan medis segera ketika perdarahan berlanjut, dan perawatan di rumah tidak sesuai untuk semua kasus (misalnya saat rumah pasien berada jauh dari rumah sakit). Wanita dengan volume perdarahan  yang lebih besar atau perdarahan terus menerus membutuhkan opnam di rumah sakit. Sangat penting untuk mengikuti rekomendasi dari praktisi kesehatan Anda dalam hal ini.