Pemeriksaan Air Seni/ Urinalisis – Urinalisis Makroskopis

DokterSehat.Com – Pemeriksaan urin makroskopik adalah pengamatan urin yang dilihat dengan mata telanjang dan tidak memerlukan pemeriksaan di bawah mikroskop. Analisis makroskopik urin dilakukan dengan memeriksa penampilan fisik urin. urine normal berwarna kuning dan jernih. urinalisis makroskopik akan mencatat jumlah, warna, dan kejernihan dari urin serta karakteristik yang terlihat dari urin seperti adanya darah atau bekuan darah, endapan, atau sedimen.

doktersehat-tes-urin-urinalisis

Informasi dari pemeriksaan makroskopik dapat memberikan petunjuk penting untuk praktisi kesehatan. Sampel urine yang normal adalah kuning dan jernih tanpa adanya kekeruhan apapun.

Kelainan yang jelas dalam warna, kejernihan, dan kekeruhan mungkin menyarankan kondisi seperti:

  • Dehidrasi,
  • Infeksi,
  • Penyakit hati, atau
  • Pemecahan otot (rhabdomyolysis).
  • Obat-obat tertentu dapat mengubah warna urin.

Darah yang terlihat dalam urin (gross hematuria) dapat merujuk ke kondisi batu ginjal atau penyebab yang lebih serius seperti kanker saluran kemih.

Urin berbusa dapat menunjukkan adanya protein dalam urin (proteinuria) karena kondisi ginjal tertentu yang meloloskan protein dari ginjal dari darah, disebut dengan sindrom nefrotik.

Tes dipstick urin biasanya dilakukan pada spesimen urin untuk memeriksa:

  • Glukosa (gula) dalam urin,
  • Keton dalam urin (produk limbah metabolisme),
  • Darah dalam urin (terdeteksi sebagai hemoglobin dalam urin),
  • Leukosit esterase (menunjukkan sel darah putih dalam urin),
  • Nitrit (bukti bakteri dalam urin),
  • Bilirubin, dan
  • Urobilinogen dalam urin (terkait dengan tingkat bilirubin tinggi, yang menunjukkan penyakit hati mungkin atau kerusakan sel darah merah dalam tubuh).

Perubahan warna di setiap kotak pada dipstick menandakan kelainan tertentu yang ditemukan dalam urin yang ditunjukkan oleh warna tertentu. Jika tidak ada kelainan dalam urin, kotak akan mempertahankan warna asli mereka. Perubahan warna dapat berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit. Interpretasi dari urin oleh tes dipstick yang hanya dilakukan dengan membandingkan warna pada tongkat dipstik dengan referensi perubahan warna yang tersedia pada kotak dipstick.

Baca Juga:  Pemeriksaan Air Seni/ Urinalisis - Manfaat

Pro dan kontra dipstik
Keuntungan utama dari uji dipstick urine adalah mudah dan cepat. Hasilnya biasanya ditentukan dalam beberapa menit setelah mengumpulkan sampel. Oleh karena itu, tes dipstik sangat berguna dalam kondisi darurat seperti UGD, atau klinik kecil. Tes dipstik juga sangat efektif dan tidak memerlukan pelatihan khusus untuk melakukan tes.

Namun, dipstick mungkin tidak akurat karena perubahan warna sangat sensitif waktu. Sebagai contoh, jika dipstick tidak segera dianalisis, maka perubahan warna mungkin tidak akurat setelah lebih dari beberapa menit terpapar urin. Informasi dipstik urin juga terbatas, karena umumnya tes ini kualitatif dan bukan kuantitatif.