Pembunuh Konsentrasi yang Tersering dan Cara Mengatasinya – Media Sosial, Email, dan Handphone

DokterSehat.Com – Apakah Anda memiliki penyakit ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) atau hanya memiliki masalah kesulitan untuk memfokuskan dari waktu ke waktu, dunia saat ini penuh pembunuh konsentrasi.

iphone

Media Sosial
Psikolog Lucy Jo Palladino, PhD menawarkan beberapa tips untuk mengelola gangguan, dimulai dengan media sosial. Sangat mudah untuk terhubung dengan teman-teman dan melepas pekerjaan yang sedang kita lakukan berulangkali dalam satu jam. Setiap update status akan menyiarkan isi pikiran Anda, memaksa Anda untuk mundur dari dunia maya ketika Anda melanjutkan pekerjaan.

Cara Mengatasi
Hindari masuk ke situs media sosial saat Anda sedang bekerja. Jika Anda merasa terdorong untuk check-in setiap detik, lakukan ketika istirahat, ketika isi media sosial tidak akan mengganggu konsentrasi Anda. Jika Anda tidak bisa menahan untuk login lebih sering, letakkan laptop di tempat yang Anda tidak akan /sulit memiliki akses Internet selama beberapa jam

Email atau SMS yang Berlebih
Anda mendapat inbox email atau SMS dan Anda gatal ingin segera menjawab. Meskipun banyak email yang terkait pekerjaan, mereka masih dianggap sebagai gangguan dari proyek Anda saat ini. Anda tidak akan membuat banyak kemajuan dalam pekerjaan yang sedang Anda lakukan jika Anda terus-menerus berhenti untuk membalas setiap pesan.

Cara Mengatasi
Daripada mengecek email terus menerus, lebih baik sisihkan waktu untuk melakukan itu. Selama seharian, tutuplah email atau SMS Anda, sehingga Anda dapat bekerja tanpa gangguan.

Telepon Seluler Anda
Mungkin telepon seluler bahkan lebih mengganggu daripada suara nada dari email yang masuk. Beberapa panggilan masuk dapat kita abaikan. Tapi jika Anda menelepon, tidak hanya biaya yang terbuang, namun waktu Anda habiskan untuk berbicara sehingga dapat memotong momentum Anda pada tugas.

Baca Juga:  Peningkatan PMS, HIV, dan Abses Anus pada Homoseksual

Cara Mengatasi
Simpan nomor dengan namanya. Jika ada panggilan masuk dan Anda menduga panggilan tidak mendesak, biarkannya berlalu untuk menuju ke pesan suara. Jika Anda bekerja pada sebuah proyek sangat penting, pertimbangkan membuat ponsel Anda tidak bersuara sehingga Anda tidak tergoda untuk menjawab. Pilih waktu tertentu untuk memeriksa pesan suara. Mendengarkan semua pesan suara sekaligus bisa kurang mengganggu daripada menjawab setiap panggilan yang datang.

Multitasking
Jika Anda menguasai seni multitasking, Anda mungkin merasakan banyak pekerjaan yang dapat Anda lakukan dalam waktu yang terbatas. Namun, para ahli mengatakan bahwa Anda akan kehilangan waktu setiap kali Anda mengalihkan perhatian dari satu tugas ke satu tugas lainnya. Hasil akhirnya adalah ketika Anda melakukan tiga proyek sekaligus secara bersamaan, biasanya hal tersebut akan memakan waktu lebih lama daripada dilakukan satu per satu.

Cara Mengatasi
Bila mungkin, fokus pada salah satu tugas dulu sampai selesai, terutama jika Anda bekerja pada tugas yang intens atau prioritas tinggi. Simpan keterampilan multitasking Anda untuk tugas-tugas yang tidak terlalu mendesak.