Pembunuh Konsentrasi yang Tersering dan Cara Mengatasinya – Bosan, Stres, dan Kelelahan

DokterSehat.Com – Beberapa hal yang dapat mengacaukan konsentrasi kira terutama jika sedang melakukan pekerjaan, antara lain:

doktersehat-stres-kerja

Bosan
Beberapa pekerjaan yang kita lakukan setiap hari dapat membuat diri kita bosan sehingga kita mudah tertarik pada hal lain.  Kebosanan ini membuat kita sangat rentan terhadap godaan telepon, internet, atau bahkan sekedar bersih-bersih meja kerja juga dapat mendistraksi apa yang sedang kita kerjakan.

Cara mengatasi
Kompromi dengan diri sendiri. Jika Anda berkompromi untuk tetap dalam pekerjaan Anda selama periode waktu tertentu, Anda berhak mendapatkan waktu istirahat 10 menit. Beri penghargaan pada diri Anda dengan makanan atau minuman, atau dengan berjalan-jalan sebentar.  Pekerjaan yang membosankan lebih mudah dilakukan jika Anda memiliki sesuatu menyenangkan yang Anda tuju. Cara ini juga dapat digunakan untuk masalah yang berkaitan dengan multitasking. Mendengarkan musik atau radio membuat Anda terbantu lebih lama bertahan mengerjakan tugas.

Sedang Banyak Pikiran
Sulit berkonsentrasi jika Anda masih memiliki banyak pikiran misalnya seputar pekerjaan di rumah nanti yang harus dilakukan, atau tentang masalah dengan seseorang yang kemarin belum terselesaikan.

Cara mengatasi
Satu cara untuk mengatasi banyaknya pikiran seputar pekerjaan rumah atau masalah yang belum terselesaikan adalah dengan menuliskannya untuk mendatanya. Buat daftar pekerjaan atau masalah yang belum terselesaikan. Jangan biarkan hal-hal tersebut membuat Anda frustasi. Ketika Anda menuliskannya, setidaknya akan melegakan Anda dalam melakukan pekerjaan yang sekarang sedang Anda lakukan.

Stres
Ketika Anda merasa bahwa terlalu banyak pekerjaan untuk diri Anda, maka akan sangat sulit untuk fokus dan berkonsentrasi. Stres akan membuat Anda terganggu dengan pekerjaan Anda dan juga dapat memperburuk kesehatan Anda. Anda mungkin akan memiliki bahu yang kaku, sakit kepala, atau jantung yang berdegup terlalu kencang.  Semua itu akan mempersulit konsentrasi.

Baca Juga:  Bahaya Orang Mendengkur Saat Tidur

Cara mengatasi
Pelajari cara menurunkan stress, seperti meditasi. Hal ini membantu Anda meredakan pikiran yang memicu stres. Peneliti dalam suatu penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mengambil meditasi selama 8 minggu akan meningkatkan kemampuannya untuk fokus. Jika Anda tidak mampu menemukan kelas meditasi, cari secara online di internet.

Kelelahan
Jika Anda dalam kondisi lelah, maka akan sulit untuk berkonsentrasi. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyita kemampuan berkonsentrasi dan kemampuan ingatan jangka pendek.

Cara mengatasi
Orang dewasa membutuhkan 7–9 jam tidur setiap malam. Daripada bekerja tengah malam, tidur lebih menjadi prioritas. Ini akan membantu Anda mendapatkan energi yang berkualitas selama jam bangun Anda di keesokan harinya. Juga, perhatikan kapan Anda merasa sangat siaga dan berkonsentrasi sehingga Anda bisa memahami kapan Anda dapat menjadwalkan pekerjaan yang intens ketika waktu siaga tersebut.