Pembunuh Konsentrasi Tersering dan Cara Mengatasinya – Lapar, Depresi, dan Obat

DokterSehat.Com – Beberapa hal lainnya yang dapat mengacaukan konsentrasi kira terutama jika sedang melakukan pekerjaan, antara lain:

doktersehat-vitamin-nutrisi-komponen-organik-obat-ibu-hamil-kehamilan

Lapar
Otak tidak dapat fokus tanpa asupan. Melewatkan jam makan, terutama sarapan, adalah pembunuh konsentrasi nomor satu. Penelitian menunjukkan kurangnya konsentrasi dan ingatan jangka pendek ketika Anda bekerja keras namun Anda tidak makan.

Cara mengatasi
Jangan biarkan rasa lapar terjadi dan berikan otak asupan bahan bakar dengan kebiasaan ini:

  • Selalu sarapan
  • Makan makanan ringan berprotein tinggi (keju, kacang)
  • Jangan hobi makan karbohidrat sederhana seperti permen
  • Pilih karbohidrat kompleks seperti gandum

Depresi
Kebanyakan orang cenderung berpikir bahwa kesedihan merupakan tanda depresi. Namun Institut Nasional Kesehatan Mental Amerika menyatakan bahwa sulitnya konsentrasi adalah salah satu tanda dari depresi. Jika Anda memiliki masalah untuk fokus, dan Anda merasa hampa, tidak ada harapan, atau tidak berguna, Anda berarti sedang mengalami depresi.

Cara mengatasi
Jika Anda berpikir Anda depresi, langkah pertama adalah konsultasi dengan dokter atau konsultan. Depresi jelas dapat diobati. Banyak penelitian menunjukkan efektivitas dari obat-obatan antidepresan dan beberapa jenis terapi konseling.

Obat-obatan
Sayangnya, beberapa obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi depresi dapat mempengaruhi konsentrasi. Selain itu ada obat lain yang juga dapat mempengaruhi konsentrasi. Bicarakan dengan dokter atau ahli obat untuk mengecek jika obat atau suplemen yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi konsentrasi Anda.

Cara mengatasi
Jika obat yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi konsentrasi Anda, jangan berpikir bahwa tidak ada cara lain atau obat lain untuk dikonsumsi. Bicarakan dengan dokter untuk mengganti obat atau menurunkan dosis obat.  Jangan hentikan pengobatan hanya karena kesulitan konsentrasi ini, kecuali dokter telah menyarankan untuk menghentikan pengobatan.

Baca Juga:  Guratan Hitam di Leher Pertanda Diabetes

ADHD
ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) bukan sekedar masalah untuk anak-anak. Lebih dari setengah anak dengan ADHD akan mengalaminya sampai dewasa. Tanda klasik adalah kesulitan untuk memperhatikan sesuatu dalam waktu lama dan sulit fokus pada tugas.