Spondilosis – Pembedahan

Spondilosis adalah kondisi kronis. Pembedahan untuk pasien dengan nyeri punggung rendah kronis kontroversial, karena sementara beberapa penelitian menunjukkan perbaikan pada rasa sakit dan perbaikan pada defek, namun sebagian besar penelitian tidak menunjukkan perbaikan dibandingkan dengan pengobatan non-pembedahan seperti fisioterapi dan manajemen nyeri. Selain itu, banyak pasien terus mengalami sakit punggung kronis setelah dioperasi.

doktersehat-operasi-pisau

Namun, pembedahan terkadang diperlukan bila spondilosis atau stenosis spinal menyebabkan masalah syaraf yang parah atau memburuk, kerusakan saraf progresif, atau sulitnya berjalan. Pembedahan jarang diperlukan pada pasien dengan nyeri punggung akut, kecuali jika terjadi masalah neurologis progresif. Karena kebanyakan pasien membaik secara dramatis setelah perawatan dengan pengobatan dan fisioterapi, dan kebanyakan pasien membaik dalam beberapa hari sampai minggu setelah sakit punggung dimulai. Pembedahan terkadang dilakukan untuk skiatika akut (jika masalah saraf seperti kelemahan dan mati rasa parah dan memburuk daripada membaik) dan sindrom cauda equina, sindrom dimana saraf di bagian bawah sumsum tulang belakang tertekan oleh diskus intervertebralis atau massa  yang menyebabkan masalah neurologis.

Operasi dekompresi spinal melibatkan berbagai prosedur operasi yang dapat mengurangi tekanan pada saraf di belakang karena stenosis tulang belakang, hernia diskus intervertebralis, atau stenosis foraminal (penyempitan bukaan antara sendi faset akibat tonjolan tulang). Teknik dekompresi umum meliputi:

  • Laminektomi adalah prosedur untuk mengangkat lengkungan tulang di kanalis vertebralis (lamina) kemudian meningkatkan ukuran kanal tulang belakang dan mengurangi tekanan pada sumsum tulang belakang.
  • Diskektomi adalah prosedur untuk menghilangkan sebagian diskus intervertebralis yang memberi tekanan pada akar saraf atau kanalis tulang belakang.
  • Foraminotomi atau forminektomi adalah prosedur untuk memperluas bukaan agar akar saraf keluar dari kanal tulang belakang. Selama foraminektomi, umumnya jaringan lebih banyak dikeluarkan daripada selama foraminotomi.
  • Pengambilan osteofit adalah prosedur untuk menghilangkan tonjolan tulang dari daerah di mana mereka menyebabkan saraf terjepit.
  • Korpektomi adalah prosedur untuk mengangkat badan vertebra dan diskus .
Baca Juga:  Spondilosis - Obat dan Perawatan Mandiri

Perpaduan operasi kadang dikombinasikan untuk menstabilkan tulang belakang.