Pengerasan Arteri (Aterosklerosis) – Pembedahan dan Pencegahan

doktersehat-jantung-koroner-jantungkoroner-penyakit

Pembedahan penyakit pengerasan arteri atau aterosklerosis dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut:

  • Balon angioplasti: Dalam prosedur ini, kateter berujung balon digunakan untuk membuka pembuluh darah yang tersumbat atau arteri yang menyempit. Kateter (tabung tipis) dimasukkan ke dalam tubuh melalui pembuluh darah di daerah pangkal paha dan mendorong semua jalan ke atas dan ke arteri yang tersumbat. Ketika bagian arteri yang menyempit tercapai, balon dikembangkan untuk menekan plak di dinding arteri sehingga lumen arteri yang terkena akan melebarkan diameternya, sehingga meningkatkan aliran darah yang sebelumnya terhambat oleh arteri. Masalahnya adalah bahwa kerusakan balon dinding sementara, menciptakan stimulus untuk lapisan dalam atau endothelium untuk berkembang biak, dan restenose arteri dengan jaringan berserat.
  • Stenting: Sering mengikuti angioplasti, tabung logam yang disebut stent ditempatkan di arteri untuk menjaga lumen terbuka setelah dilatasi sukses. Stent bertindak sebagai pendukung dinding arteri, mencegah dinding arteri kolaps atau mundur, dan menyegel daerah endotelium yang luka (endotelium adalah dinding dalam pembuluh darah). Beberapa stent yang dilapisi dengan obat khusus yang membantu mencegah proliferasi endotel, dan memblok ulang arteri yang terkena. Setelah stenting, pasien diminta untuk mengambil obat untuk mencegah pembekuan dari permukaan logam.

Jika perubahan gaya hidup, obat-obatan dan pemasangan stent tidak membantu dalam mengurangi gejala aterosklerosis atau angioplast, maka prosedur operasi bypass dapat dilakukan.

  • Operasi bypass: Operasi ini menggunakan arteri atau vena dari daerah lain dalam tubuh untuk memberikan jalur lain bagi arteri yang tersumbat dan meningkatkan aliran darah ke arteri hilir. Ketika operasi dilakukan pada arteri koroner, yang disebut operasi bypass arteri koroner. End-arterektomi arteri karotis akan membersihkan plak di dalam arteri sehingga aliran darah lebih mudah dicapai ke otak. Operasi bypass arteri kaki sering menggunakan tabung yang dirancang khusus (cangkok) dari kain, Dacron, atau plastik.

Pencegahan Pengerasan Arteri

Untuk membantu mencegah aterosklerosis, seseorang perlu untuk mengurangi/menghilangkan faktor risiko yang dapat dimodifikasi (tekanan darah tinggi, kadar glukosa darah tinggi, kadar kolesterol darah tinggi, merokok, obesitas, dan kurang olahraga). Selain itu, Anda harus mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh, buah dan sayur. Sementara jika stres emosional yang menjadi penyebab, kita harus menemukan cara untuk mengurangi atau mengontrolnya.

Untungnya, terdapat langkah-langkah untuk mengatasi beberapa faktor risiko. Misalnya, olahraga membantu seseorang untuk menurunkan berat badan, yang pada gilirannya membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Untuk diketahui, banyak orang yang memiliki masalah dengan aliran ke beberapa organ vital dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun. Sementara pada kasus lain, kematian mendadak mungkin merupakan manifestasi klinis pertama aterosklerosis. Jadi, penekanan harus ditempatkan pada individu untuk mengontrol faktor risiko yang dapat diidentifikasi pada dirinya sendiri untuk mencegah aterosklerosis.

Pengerasan Arteri (Ateroskelrosis) : 1   2   3   4   5   6