Pemakaian Ponsel Pada Ibu Hamil Meningkatkan Resiko Melahirkan Bayi Down Syndrome?

DokterSehat.Com– Meskipun kasusnya cenderung tidak banyak, dalam realitanya kita masih bisa dengan mudah menemukan anak yang mengalami cacat saat lahir. Kebanyakan orang akan berpikir bahwa kecacatan ini disebabkan karena faktor genetik. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan ibu yang tidak sehat saat masih mengandung buah hatinya.

doktersehat-kehamilan-hamil

Pakar kesehatan spesialis kandungan bernama Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) menyebutkan bahwa salah satu kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan oleh kebanyakan orang, termasuk ibu hamil, adalah dengan memakai ponsel pintarnya dengan berlebihan. Memang, dengan memakai ponsel, ibu hamil bisa menghilangkan kebosanan dengan mengecek apa yang terjadi di media sosial atau mendapatkan informasi-informasi terkini. Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari paparan radiasi dari ponsel ini ternyata juga bisa berpengaruh buruk bagi perkembangan janin.

Menurut dr. Damar, radiasi dari ponsel ini ternyata bisa membuat anak yang dilahirkan nantinya mengalami perilaku abnormal. Bahkan, jika ibu yang sedang hamil ternyata sudah berusia lebih dari 35 tahun, maka paparan radiasi ini bisa meningkatkan resiko untuk melahirkan anak dengan down syndrome hingga 100 kali lebih besar.

Hal lain yang harus diperhatikan agar anak terlahir dengan kondisi yang sehat adalah tercukupinya kebutuhan nutrisi ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya tidak hanya mementingkan rasa kenyang saja saat makan, melainkan memastikan bahwa Ia mendapatkan berbagai nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan janinnya. Sebagai contoh, jika ibu hamil cenderung tidak banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan akandungan asam folat, maka resiko untuk melahirkan anak dengan kondisi bibir sumbing juga meningkat.