Pemahaman Kematangan Emosi Seseorang

DokterSehat.com – Kematangan emosi merupakan suatu kondisi emosional seseorang dalam mencapai tingkat kedewasaan. Dalam perkembangan emosi seseorang, kematangan emosional kerap dikaitkan dengan kontrol emosi. Seseorang yang telah memiliki kematangan emosi akan mempunyai beragam ekspresi emosi, kontrol emosi, dan ketepatan emosi sehingga dapat memberikan respon emosi sesuai situasi stimulus, tapi tetap menunjukkan ekspresi yang berpedoman pada kesopanan sosial. Makin matang emosi seseorang maka emosi negatif akan berkurang dan emosi positif akan terbentuk untuk lebih berfikir realistik serta memahami diri sendiri. Berikut ini ciri-ciri seseorang yang sudah mencapai kematangan emosi, antara lain:



  • Mampu memberikan respon sesuai kebutuhan dan situasi tertentu.
  • Mampu menyalurkan emosi-emosi dan tekanan-tekanan impuls dalam bentuk sikap yang konstruktif dan dapat mengarahkan pada tujuan yang positif.
  • Mampu membentuk pola hubunga interdepensi dan mampu menjaga perannya secara fleksibel.
  • Mampu memahami potensi dan keterbatasan diri sendiri dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan cara yang kreatif dan disetujui orang lain.
  • Mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain dan mampu memandang dirinya dengan orang lain dengan rasa hormat.
  • Mampu mempertimbangkan dan memulai alternatif-alternatif, konsekuensi-konsekuensi dari pelakunya.

Kematangan emosi seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam diri sendiri (intern) maupun dari luar diri sendiri (ekstern), antara lain:

  • Penyesuaian diri yang baik, seiring bertambahnya umur dan kedewasaan seseorang maka akan terjadi perubahan secara terus menerus sehingga diperlukan adanya kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitarnya.
  • Lingkungan sosial, lingkungan masyarakat maupun lingkungan keluarga yang berhubungan dengan proses-proses sosialisasi yang dapat membentuk seseorang menjadi pribadi yang matang.

Faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi individu dalam mengekspresikan emosinya dalam perilaku keseharian.

Baca Juga:  Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Wajah Berjerawat