Pelukan Ibu Bisa Membuat Kulit Bayi Semakin Sehat

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang tentu akan dilakukan ibu yang sedang merawat bayinya adalah dengan memeluk sang buah hati dengan penuh kasih sayang. Pelukan memang bisa membuat ikatan emosional diantara ibu dan anaknya dan menurut pakar kesehatan, pelukan ini bisa membuat fisik bayi menjadi semakin sehat dan kuat. Tak hanya itu, menurut pakar kesehatan, pelukan ibu pada bayi ternyata juga bisa berimbas positif bagi kesehatan kulit bayi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-nutrisi-gizi-bayi-balita

Pakar kesehatan kulit, Titi Lestari Sugito menyebutkan jika sentuhan fisik dari ibu dan bayi bisa membuat bayi merasa disayang dan berbahagia. Menurut beliau, pelukan ini bisa membuat bayi memberikan respons psikis pada kulitnya yang bisa dilihat dari kulitnya yang semakin sehat dan cantik.

Dr. Titi menyebutkan jika banyak orang yang tak menyadari jika kesehatan emosional bisa mempengaruhi kondisi kulitnya. Tak percaya? Orang yang terkena stres atau depresi tentu akan lebih cepat terlihat tua dan kulitnya akan terlihat lebih kusam, bukan? Hal yang sama berlaku pada kulit bayi dimana sentuhan kasih sayang yang didapatkan dari pelukan sang ibu akan memberikan rangsangan psikologis pada anak karena anak merasa nyaman dan aman. Hal ini ternyata bisa merangsang saraf sensorik dan pada akhirnya membuat kulit sang bayi menjadi lebih cerah, berseri-seri, dan tidak pucat. Karena alasan inilah dr. Titi sangat menyarankan Ibu untuk kerap memberikan sentuhan fisik dan pelukan pada anaknya saat menyusui, bermain, atau saat menina-bobokan sang buah hati.

Selain memberikan sentuhan, ibu juga sebaiknya rutin menjaga kebersihan kulitnya dengan cara memandikannya dengan produk yang aman atau setidaknya memberikan lotion yang bisa menjaga keseahtan kulit bayi yang memang terkenal masih sensitif.