Peluang Terjadinya Osteoporosis Pada Wanita Hamil

DokterSehat.Com – Resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang bagi ibu hamil sangat tinggi sekali, dikarenakan ada banyak faktor yang membuat hal itu terjadi! Agar tidak terlanjur terjadi, maka kita sebaiknya menyiapkan diri agar bisa mengantisipasi resiko tersebut agar jangan sampai terjadi dengan cara yang tepat. Oleh karena osteoporosis pada wanita hamil sangat mungkin terjadi, maka berikut akan saya informasikan beberapa penyebab dan cara mengatasinya.



Penyebab

  • Kebutuhan kalsium yang meningkat pesat
    Di usia kehamilan antara 6 – 9 bulan ibu hamil membutuhkan asupan kalsium yang sangat banyak, karena janin sudah memulai proses pembentukan rangka. Proses tersebut akan mengambil supply kalsium yang dimiliki ibu hamil. Jika tidak disupply dengan baik, maka yang diambil adalah kalsium yang ada di tulang, sehingga menyebabkan ibu hamil mengalami osteoporosis.
  • Berhubungan dengan pertumbuhan ibu hamil
    Osteoporosis pada wanita hamil hanya bersifat sementara dan umumnya terjadi di masa kehamilan yang pertama. Hal ini terjadi karena kebutuhan kalsium masih dibutuhkan untuk masa pertumbuhannya.

Cara mengatasi

  • Penuhi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi susu tinggi kalsium
    Banyak jenis susu tinggi kalsium yang bisa dipilih untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Pilihlah yang memiliki nilai kalsium yang cukup, dan tunjang dengan pemberian makanan yang tinggi kalsium. Untuk ibu hamil yang mencapai usia kehamilan 6 – 9 bulan, maka tingkat kalsium yang dibutuhkan adalah 1000 mg/hari. Sedangkan untuk ibu hamil di kehamilan pertamanya, yang notabene masih bersamaan dengan masa pertumbuhannya, maka asupan kalsium yang dibutuhkan adalah 1300 mg/hari.
  • Tidak perlu khawatir dan tetap tenang
    Osteoporosis pada wanita hamil adalah hal yang normal dan tidak perlu dikuatirkan. Oleh karena itu, tetap tenang dengan kondisi ini agar tidak menimbulkan stress atau hal lain yang tidak diharapkan. Seiring waktu, kepadatan tulang yang sebelumnya keropos akan kembali normal dan padat kembali. Keluhan yang sering dialami ibu hamil adalah sakit punggung. Atasi hal tersebut dengan mencukupkan kebutuhan kalsium dan tetaplah tenang.