Luka Bakar – Pelembab

doktersehat-siku-hitam-lengan-tangan-Eritema-Multiformis-luka-bakar

Beberapa dokter menyarankan menggunakan lotion kulit pada luka bakar tingkat pertama atau luka bakar tingkat dua yang memiliki kulit penyembuhan terputus. Pelembab kulit ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal tapi tidak boleh digunakan jika luka bakar mengeluarkan cairan. Obat antihistamin, seperti CTM atau cetirizine, juga dapat membantu menghentikan gatal. Baca dan ikuti peringatan pada label.

Ketika luka bakar derajat pertama atau luka bakar kecil derajat kedua telah memasuki hari ke-2 dan 3, gunakan jus dari daun lidah buaya untuk membantu proses penyembuhkan. Pada penggunaan yang pertama kali, lidah buaya akan menimbulkan rasa perih.

Hal ini penting untuk melindungi luka bakar karena:

  • Luka bakar yang baru sembuh biasanya sensitif terhadap suhu. Penyembuhan luka bakar perlu dilindungi dari dingin, karena area yang terbakar lebih mungkin untuk mengembangkan radang dingin.
  • Daerah yang baru terbakar dapat terbakar sinar matahari dengan mudah. Tabir surya dengan matahari yang faktor pelindung tinggi (SPF minimal 30) harus digunakan selama tahun pertama setelah luka bakar untuk melindungi kulit baru.

Selain itu, hindari kebiasaan merokok. Merokok dapat memperlambat penyembuhan karena mengurangi asupan darah dan memperlambat perbaikan jaringan.

Gejala yang perlu diwaspadai selama perawatan di rumah

Hubungi dokter jika beberapa tanda berikut terjadi selama perawatan di rumah:

  • Nyeri meningkat.
  • Timbul gejala Kesulitan bernapas.
  • Timbul tanda-tanda infeksi.
  • Gejala menjadi lebih parah atau sering.
Luka Bakar :   1   2   3   4   5   6
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik