Pekerjaan yang Bisa Menyebabkan Asma

Doktersehat.com – Asma merupakan salah satu gangguan pernapasan yang biasanya disertai dengan mengi. Faktor genetik dan polusi udara bisa saja menjadi penyebab timbulnya asma. Sebuah penelitian menemukan bahwa pekerjaan tertentu juga dapat meningkatkan risiko memburuknya asma.



Seorang ilmuan dari Imperial College London, Rebecca Ghosh, menemukan beberapa kasus asma pada orang dewasa berkaitan dengan lingkungan tempat kerjanya. Pada studi ini dilakukan penelitian terhadap orang dewasa dengan 18 jenis pekerjaan yang berbeda, terutama profesi yang berkaitan dengan bahan kimia.

Menurut hasil penelitian yang melibatkan 7500 orang dewasa di Inggris diketahui 16 persen dari peserta menderita asma yang diakibatkan oleh lingkungan pekerjaannya. Profesi yang berisiko menyebabkan asma pada orang dewasa adalah penata rambut di salon, petani, atau karyawan percetakan yang selalu terpapar bahan kimia. Tetapi penelitian ini tidak membuktikan bahwa sifat pekerjaan seseorang dapat memicu berkembangnya asma.

Kondisi penderita asma akan makin parah karena harus terpapar alergen setiap hari. Misalnya penata rambut yang selalu kontak dengan cat rambut maka risiko memburuknya asma akan meningkat hingga 2 kali lipat. Petani yang sering kontak dengan pestisida atau pupuk kimia berisiko 4 kali lipat terkena asma. Sementara karyawan percetakan yang selalu mengirup udara tercemar bahan kimia dan tinta setiap harinya akan meningkatkan risiko memburuknya asma hingga 3 kali lipat.

Sumber: detik.com