Pekerjaan Rumah Tangga yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

doktersehat-pel-lantai-bakteri-mop-floor

DokterSehat.Com– Sebagai ibu kadang Anda tidak dapat dilepaskan dalam berbagai pekerjaan rumah tangga termasuk saat hamil. Namun tahukan Anda jika tidak semua pekerjaan rumah aman dilakukan oleh ibu hamil? Pekerjaan ringan seperti menyapu dan cuci piring tentu masih bisa Anda lakukan, namun beberapa pekerjaan rumah yang berat dapat memicu risiko komplikasi kehamilan.

Beberapa perkerjaan rumah yang sebaiknya Anda hindari saat hamil antara lain:

Membersihkan kandang peliharaan

Tak ada salahnya bagi ibu hamil untuk memelihara binatang seperti anjing atau kucing. Namun jiga tiba saatnya untuk membersihkan kandang, sebaiknya serahkan urusan tersebut pada orang lain. Bakteri parasit penyebab toksoplasma dapat menginfeksi janin. Jika terpaksa harus membersihkan kandang, gunakan sarung tangan, masker dan bersihkan diri setelah membersihkan kandangnya.

Menyemprot obat nyamuk atau pembasmi serangga
Jika ibu merasa terganggu dengan nyamuk di malma hari, sebaiknya mintalah pasangan Anda untuk melakukannya. Bahan kimia yang terdapat dalam pembasmi serangga dapat terhirup oleh ibu hamil dan terbawa ke janin.

Membersihkan kamar mandi
Kamar mandi yang bersih memang membuat penggunanya menjadi lebih nyaman. Agar kamar mandi tetap bersih kadang harus dibersihkan dengan cairan pembersih khusus. Saat hamil sebaiknya Anda perlu menghindari menghirup zat kimia dari cairan pembersih sejenis. Beberapa kandungan pada produk pembersih seperti glycol ethers dan phenols dapat meningkatkan risiko komplikasi dan keguguran juga memicu kecacatan lahir.

Mengangkat beban berat
Bagi ibu hamil yang memiliki nyeri punggung tidak disarankan untuk mengangkat beban berat karena dapat menambah nyeri punggung. Selain itu mengangkat barang berat saat hamil cenderung berisiko preeklamsia dan komplikasi lain saat kehamilan. Jika Anda memang harus mengangkat barang, sebaiknya mintalah pertolongan orang lain.

Membersihkan ventilasi dan jendela
Untuk membersihkan ventilasi dan jendela rumah kadang Anda perlu menjangkaunya dengan naik kursi atau meja kecil. Hal ini sebaiknya dihindari untuk meminimalisir risiko terjatuh. Jika memang ventilasi dan jendela Anda perlu dibersihkan, sebaiknya gunakan layanan jasa pembersih rumah.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik