Pekerjaan Rumah Tangga Ini Sebaiknya Tidak Dilakukan Oleh Ibu Hamil

DokterSehat.Com– Ibu hamil harus menjaga kondisi tubuhnya dengan baik demi menjaga kondisi kesehatan dan janin di dalam kandungannya. Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh ibu hamil yang lebih rentan dari biasanya. Beberapa jenis pekerjaan rumah tangga bahkan sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil karena dianggap bisa membahayakan kondisi kehamilannya. Apa sajakah pekerjaan rumah tangga tersebut?

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

Membersihkan tempat kotoran kucing
Jika ibu hamil memelihara kucing, sebaiknya tidak membersihkan tempat kotoran hewan peliharaan ini demi mencegah resiko terinfeksi toksoplasmosis yang bisa memicu masalah kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan layaknya mengalami kecacatan mada mata atau otak, serta menyebabkan epilepsy, gangguan tumbuh kembang, hingga kebutaan pada janin. Bahkan, infeksi yang dipicu oleh parasite toxoplasma gondii ini bisa memicu keguguran atau bayi yang terlahir dengan kondisi sudah meninggal.

Mengangkat benda berat
Sebisa mungkin ibu hamil tidak mengangkat benda yang berat. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh ibu hamil yang membuat jaringan penghubung dan ligamen di dalam tubuhnya menjadi lebih lemah. Jika ibu hamil tetap mengangkat benda yang berat, bisa jadi Ia akan mengalami nyeri otot atau cedera. Bahkan, dalam beberapa kasus, melakukannya bisa memicu pendarahan, persalinan prematur, hingga pecahnya air ketuban terlalu dini.

Berdiri terlalu lama
Beberapa jenis pekerjaan yang membuat ibu hamil berdiri terlalu lama seperti memasak atau mencuci piring ternyata sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil. Jika mampu, ibu hamil bisa membeli kursi yang sedikit tinggi agar bisa tetap melakukan pekerjaan tersebut dengan posisi duduk yang lebih aman.

Memakai produk kimia berbahaya
Jangan sembarangan menggunakan produk kimia berbahaya seperti semprotan anti serangga atau pembersih porselen kamar mandi karena dikhawatirkan bisa membahayakan kondisi janin di dalam kandungan.

Baca Juga:  Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Melewatkan Asupan Nutrisi Ini

Mengambil benda yang tinggi
Meskipun ada tangga, ibu hamil sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mengambil benda yang berada di ketinggian demi menurunkan resiko terjatuh yang bisa membahayakan kehamilan.