Pekerja Kantoran Bisa Tetap Sehat, Kok

DokterSehat.Com – Salah satu mitos yang dipercaya oleh banyak masyarakat modern adalah pekerja kantoran sangatlah rentan mendapatkan berbagai penyakit berbahaya. Pekerja kantoran cenderung hanya akan duduk di depan komputer dalam waktu yang sangat lama sehingga tubuhnya pun cenderung tidak banyak bergerak. Selain itu, pandangan mata yang terus tertuju pada layar komputer juga ditengarai bisa menyebabkan mata pekerja kantoran bisa mengalami gangguan kesehatan. Apakah ada cara agar pekerja kantoran tetap bisa menjaga kesehatannya?



Pekerja kantoran haruslah memperhatikan aktifitasnya sehari-hari. Duduk saat bekerja memang bisa memberikan rasa nyaman mengingat kita tidak perlu banyak bergerak untuk menyelesaikan banyak pekerjaan. Sayangnya, tubuh yang tidak banyak bergerak bisa membuat resiko terkena berbagai penyakit lebih tinggi. Pekerja kantoran sebaiknya meluangkan waktu setidaknya sekali dalam satu jam atau dua jam untuk bergerak, berjalan kaki, atau setidaknya meregangkan tubuh. Selain mengerakkan tubuh, pekerja kantoran juga seringkali terjerat stress atau depresi mengingat kesibukan atau tekanan kerja yang terlalu tinggi. Sebagai pekerja kantoran, kita tentu harus pandai-pandai mengelola stress dan sebisa mungkin melupakan pekerjaan kantor setelah kita pulang kerja. Saat akhir pekan, luangkan waktu untuk beristirahat atau bahkan berjalan-jalan yang bisa membuat pikiran segar kembali sehingga kita tidak terbebani stress yang bisa membuat resiko terkena penyakit jantung meningkat.

Pekerja kantoran seringkali tanpa sadar tidak memperhatikan asupan makanan apa saja yang ia konsumsi saat bekerja. Selain jarang minum air putih, banyak pekerja kantoran yang menemani kesibukannya dengan camilan tidak sehat. Hal ini tentu harus diubah demi kesehatan tubuh. Camilan yang kaya MSG, garam, atau lemak dan kolesterol sebaiknya diganti dengan camilan sehat layaknya kacang-kacangan atau buah-buahan yang bisa membuat kenyang layaknya alpukat. Jangan lupa pula untuk meminum air dengan cukup sehingga tubuh pun terhidrasi dengan baik dan konsentrasi pun bisa tetap terjaga.

Baca Juga:  Ketahui Jenis Sayuran untuk Diet

Meskipun terlihat sepele, pekerja kantoran juga bisa mengela nafas dalam-dalam setiap beberapa jam sekali. Dengan melakukan latihan pernafasan, pekerja kantoran bisa membuat tubuh rileks sebentar sebelum melanjutkan pekerjaan dan bisa mempertahankan fokus dan konsentrasi untuk bekerja.