Pecandu Alkohol Beresiko Terkena Pankreatitis

DokterSehat.Com – Sudah berkali-kali pakar kesehatan mengingatkan kita akan bahaya konsumsi minuman beralkohol. Sayangnya, karena alasan gaya hidup atau bahkan stress, banyak orang yang pada akhirnya menjadi pecandu alkohol. Padahal, jika seseorang banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, Ia akan beresiko tinggi terkena masalah kesehatan pankreatitis, sebuah peradangan yang terjadi pada pankreas yang biasanya disertai gejala nyeri pada perut bagian kiri atas dan menjalar hingga ke punggung. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-penyakit-hati-alkoholik-jantung

Pakar kesehatan menyebutkan jika pankreatitis bisa disebabkan oleh dua hal, yakni adanya batu empedu dan juga konsumsi alkohol secara berlebihan. Sayangnya, kini kebanyakan penderita pankreatitis disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, bahkan, banyak dari penderita penyakit ini mengalami kondisi kronis dan akut.

Penderita pankreatitis akut biasanya mengalami peradangan pada pankreas secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa jam atau beberapa hari saja. Namun, jika tidak diobati dengan benar, dikhawatirkan penyakit ini bisa memicu infeksi, pendarahan, kerusakan jaringan, hingga berpengaruh buruk bagi ginjal, paru-paru, hingga jantung yang tentu sangat menyakitkan. Rasa nyeri para perut bagian kiri atas sebagai gejala pankreatitis akut bisa dirasakan saat makan-makanan berlemak dan diiringi dengan demam dan muntah-muntah serta pembengkakan. Tingginya kadar lemak dan kalsium dalam darah juga bisa memicu peningkatan denyut jantung dan gangguan metabolisme tubuh.

Sementara itu, penderita penyakit pankreatitis kronis akan mengalami peradangan pada pankreas dalam waktu yang lama. Jika hal ini dibiarkan tanpa pengobatan yang memadai, dikhawatirkan penderitanya akan mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis dan meningkatkan resiko diabetes.

Selain berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol, ada baiknya kita juga berhenti merokok untuk terhindar dari penyakit ini. Selain itu, perhatikan pula konsumsi makanan kaya lemak setiap hari karena makanan inilah yang bisa memicu batu empedu yang bisa berakhir menjadi masalah pankreatitis.