Payudara Sakit Sebelum Haid, Apakah Berbahaya?

DokterSehat.Com – Masa haid bisa menjadi masa yang sangat tidak menyenangkan bagi kaum wanita karena banyak bagian tubuhnya yang terasa sangat sakit. Beberapa kaum wanita bahkan melaporkan jika mereka bisa merasakan sakit yang sangat hebat di bagian perut menjelang dan saat menstruasi itu tiba. Hanya saja, kaum hawa juga bisa merasakan sakit di bagian payudaranya sebelum waktu haid tiba. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan?

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Rasa sakit pada payudara ini bahkan bisa dirasakan dua minggu sebelum waktu haid akan datang dan hal ini tentu membuat banyak wanita penasaran apakah ini adalah tanda masalah kesehatan yang lebih kompleks. Payudara yang terasa sangat sakit ini biasanya juga disertai dengan perubahan bentuk payudara yang menjadi lebih besar dan lebih kencang. Memang, setelah siklus haid mulai datang dan banyak darah kotor yang dikeluarkan, maka ukuran payudara akan kembali lagi ke ukuran normal dan rasa sakitnya juga berangsur menghilang. Namun, hal ini ternyata adalah hal yang normal mengingat siklus haid setiap wanita berbeda-beda dan beberapa wanita mengalami perubahan payudara saat siklus haidnya datang.

Selain rasa sakit pada payudara, bagian tubuh lain yang akan terasa sakit adalah bagian perut. Perut bisa mengalami kram perut yang cukup menyakitkan bagi beberapa wanita. Biasanya, kram perut ini akan datang sekitar tiga hari sebelum siklus haid mulai keluar. Selain itu, bagian punggung juga bisa mengalami rasa sakit yang luar biasa saat mendekati masa menstruasi. Beberapa wanita bahkan bisa mengalami lebam-lebam pada bagian punggung karena rasa sakit ini. Selain itu, wanita juga akan cenderung lebih mudah haus daripada saat mereka tidak mengalami menstruasi.

Baca Juga:  Jangan Mengunyah Es Batu !

Meskipun bukan merupakan tanda adanya masalah kesehatan yang berbahaya, payudara yang sakit haruslah ditangani dengan baik. Jangan memakai bra yang terlalu ketat karena payudara bisa merasakan sakit yang lebih besar. Anda juga bisa mengompres payudara dengan ar hangat yang disertai dengan pemijatan sebelum tidur sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar dan rasa sakit pun berangsur berkurang.