Payudara Pria Membesar, Penyakitkah?

Doktersehat.com – Normalnya ukuran payudara pria lebih kecil ketimbang payudara wanita. Namun, bagaimana bila pria memiliki ukuran payudara yang sama dengan wanita pada umumnya?



Pembesaran payudara pada pria ini disebut dengan ginekomastia. Kondisi abnormal ini umumnya terjadi pada pria dewasa akibat beberapa faktor.

Perubahan hormon pria yang terjadi selama masa puber inilah yang mengakibatkan salah satu atau kedua payudara membesar. Seiring tambahnya usia, pria akan cenderung kehilangan testosteron dan menaikkan berat badan.

Pembesaran kelenjar payudara disebabkan tingkat testoteron yang rendah. Sementara itu, bertambahnya berat badan pria bisa memproduksi tumpukkan jaringan lemak yang mengakibatkan tingginya tingkat estrogen. Akibatnya, kondisi ini memicu terjadinya pembesaran payudara. Selain itu, pemakaian obat-obatan tertentu juga bisa mengakibatkan ginekomastia.

Sebenarnya ginekomastia bukanlah gangguan kesehatan yang serius, namun kondisi ini bisa saja membuat pria menjadi kurang percaya diri.

Umumnya payudara pria yang membesar bisa sembuh tanpa pengobatan. Tapi, kondisi tertentu membuat sebagian pria membutuhkan bantuan medis akibat payudara terus membesar dan menimbulkan rasa sakit.

Jika payudara Anda menunjukkan gejala ginekomastia segera periksakan ke dokter. Sebagai usaha pencegahan sebaiknya konsumsi sayuran hijau secara teratur untuk meningkatkan produksi tertosteron.

Sumber: ghiboo.com