Payudara Gatal? Jangan Digaruk, Atasi Dengan Cara Ini

DokterSehat.Com – Payudara gatal merupakan keluhan yang banyak di alami oleh para wanita. Bahkan ada juga yang baru membeli bra atau pakaian dalam, lalu setelah memakainya tiba-tiba payudara gatal. Jika anda merasakan payudara gatal, ini bisa disebabkan oleh iritasi yang terjadi karena gesekan dengan pakaian dalam anda. Payudara gatal juga dapat disebabkan oleh infeksi, iritasi, alergi, dan lainnya.

5

Jika anda merasakan payudara gatal, kemudian ada lecet pada kulit payudara anda, dan muncul kemerahan, hal itu bisa disebabkan oleh ukuran bra anda yang terlalu ketat atau terlalu longgar . selain itu, payudara gatal dapat juga disebabkan oleh kulit yang terkena garis penyangga yang kasar pada bra.

Untuk mengatasi payudara gatal tersebut, maka anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini :

  1. Kalau Anda mengalami gatal, pasti ingin menggaruknya kan? Untuk mengantisipasi hal itu, gunakan punggung tangan untuk menggosok lembut. Metode menggaruk ini lebih nyaman dan aman.
  1. Berikutnya untuk pertolongan pertama, seka payudara Anda dengan air bersih, bersihkan dengan sabun dan bilas. Keringkan dengan handuk lembut. Sebaiknya lakukan di malam hari agar Anda bisa membiarkan payudara tidak menggunakan bra sebelum tidur.
  1. Bila perlu, gunakan salep anti gatal atau salep anti kulit kering khusus untuk payudara. Namun, harus sesuai anjuran dokter. Karena tidak sembarangan salep bisa digunakan.
  1. Sementara, bila tidak diperlukan, hindari penggunaan bedak, bra berenda, pakaian terlalu ketat atau apapun yang rentan memicu gatal berlebih. Lakukan sampai kondisi payudara terasa normal kembali.

Menggaruk bisa menyebabkan pengikisan lapisan kulit secara kasar, hal ini bisa menyebabkan payudara kemerahan bahkan terluka. Lakukan tips di atas bila payudara Anda mulai sering gatal dan tidak nyaman. Bila terjadi gejala yang janggal, segera periksakan ke dokter. Sayangi payudara Anda, Ladies.