Kanker Rahim – Patofisiologi

Berikut telah diidentifikasi sebagai faktor risiko untuk berbagai sarkoma uterus. Faktor risiko untuk Leiomyosarcomas uterus mungkin termasuk menarche dini, menopause terlambat, dan Afrika ras Amerika. Wanita dengan riwayat radiasi panggul berada pada risiko terbesar untuk carcinosarcomas dan Leiomyosarcomas. Wanita nulipara mungkin berisiko lebih besar untuk kedua jenis sarkoma. Penggunaan tamoxifen juga meningkatkan risiko karsinoma endometrium serta sarkoma uterus.

doktersehat-wanita-rahim-hamil

Patofisiologi
Faktor pertumbuhan fibroblast reseptor 2 (FGFR2) adalah reseptor tirosin kinase yang terlibat dalam banyak proses biologis. Mutasi pada FGFR2 telah dilaporkan dalam hingga 10-12% dari karsinoma endometrium. Penghambatan FGFR2 bisa menjadi sasaran terapi baru pada karsinoma endometrium. Gatius et al menunjukkan bahwa FGFR2 memiliki peran ganda dalam endometrium, menghambat proliferasi sel di endometrium normal selama siklus menstruasi, tetapi bertindak sebagai onkogen pada karsinoma endometrium.

Kanker endometrium dibagi menjadi 2 kelas, masing-masing dengan berbeda patofisiologi dan prognosis.

Lebih dari 80% dari karsinoma endometrium adalah tipe I dan karena stimulasi estrogen, menghasilkan histologi kelas rendah, yang artinya masih belum terlalu ganas. Hal ini sering ditemukan dalam hubungan dengan hiperplasia endometrium atipikal, yang dianggap lesi prekursor. Tipe II kanker endometrium diperkirakan terlepas dari peran estrogen, terjadi pada wanita yang lebih tua, dengan histologis kelas tinggi seperti sel serosa atau jelas papiler rahim, yang artinya ini lebih ganas daripada tipe I.

Kanker endometrium mungkin berasal di daerah kecil (misalnya, dalam sebuah polip endometrium) atau dalam pola multifokal difus (pola yang lebih besar). Pertumbuhan tumor awal ditandai dengan pola eksofilik (menonjol) dan menyebar. Pertumbuhan ini ditandai dengan kerapuhan dan perdarahan spontan pada dinding rahim, bahkan pada tahap awal. Pertumbuhan tumor kemudian ditandai dengan invasi miometrium (lapisan otot rahim) dan pertumbuhan menuju leher rahim.