Patah Hati Memang Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menganggap mereka yang sedang patah hati dan kemudian jatuh sakit sebagai seseorang yang berjiwa lemah atau terlalu emosional. Padahal, menurut pakar kesehatan, patah hati ternyata memang bisa memberikan dampak bagi kesehatan tubuh seseorang. Memang, ada orang yang bisa mengatasi patah hati ini dengan cepat dan mudah, namun, bukan hal yang mengherankan jika ada orang yang jatuh sakit karena patah hati. Sebenarnya, bagaimana cara patah hati ikut memperburuk kesehatan tubuh?

doktersehat-patah-hati-cinta-sedih

Dilansir dari laman Boldsky, diketahui jika andai kita mengalami patah hati, maka pikiran kita ternyata akan cenderung memberikan sinyal rasa sakit pada seluruh sistem yang ada pada tubuh. Karena alasan inilah, sebagian orang yang mengalami patah hati bisa merasakan nyeri pada tubuhnya. Selain itu, tubuh juga akan terasa lebih lemas karena mereka yang sedang patah hati sebenarnya sedang mengalami stress yang cukup berat. Ia pun akan cenderung tidak bersemangat untuk melakukan berbagai aktifitas selama beberapa waktu.

Pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang patah hati juga sedang mengalami depresi, munculnya rasa putus asa, dan bahkan kehilangan harapan. Selain itu, selera makan juga biasanya akan ikut menurun meskipun pada sebagian orang, patah hati justru akan membuat mereka mengkonsumsi makanan lebih banyak dan berimbas pada kenaikan berat badan. Ada beberapa penelitian kesehatan yang menyebutkan jika mereka yang patah hati juga mengalami perlambatan denyut jantung. Selain itu, ada kemungkinan mereka juga terkena insomnia karena adanya stress atau depresi.

Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh mereka yang sedang patah hati namun tetap ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar? Pakar kesehatan menyarankan mereka yang sedang patah hati untuk lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau teman-teman terdekat sehingga mereka pun akan merasakan kebahagiaan. Selain itu, dengan lebih sering melakukannya, mereka juga akan mampu memperbaiki denyut jantung agar bisa normal kembali.