Patah Hati atau Sedang Sedih? Atasi Saja Dengan Olahraga Ini

DokterSehat.Com– Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi patah hati. Sebagian orang memilih untuk tiduran dan menenangkan diri, ada yang memilih untuk mendengarkan lagu melankolis, ada pula yang memilih untuk pergi ke tempat wisata atau alam terbuka agar pikiran lebih fresh. Namun, tahukah anda jika kita bisa mengatasi patah hati dengan berolahraga?

doktersehat-renang-olahraga

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa rasa sedih dan amarah ternyata bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Tak hanya membuatnya menjadi lebih lesu dan kurang bersemangat, bisa jadi patah hati juga akan menurunkan nafsu makan atau memicu gangguan tidur. Jika hal ini dibiarkan, maka kesehatan tubuh tentu bisa semakin menurun, bukan?

Beruntung, kita bisa mengatasi efek buruk dari patah hati ini dengan melakukan olahraga berenang. Menurut pakar kesehatan psikologi Aimee Kimball dari Center for Sports Medicine yang ada di University of Pittsburgh Medical Center, berenang tak hanya baik bagi kesehatan fisik, namun juga mampu menurunkan rasa sedih, cemas, hingga depresi dengan signifikan.

Berbagai manfaat kesehatan ini ternyata bisa didapatkan dari berenang karena kemampuan olahraga ini dalam menurunkan kadar hormon stress di dalam tubuh. Tak hanya itu, berenang juga bisa membuat tubuh lebih baik dalam melepas hormon endorphin yang bisa menimbulkan rasa bahagia sekaligus menurunkan rasa sedih dan cemas. Alhasil, setelah kita melakukan olahraga ini, pikiran kita akan menjadi lebih segar dan tenang.

Berenang sendiri memiliki kemampuan lain berupa menghasilkan senyawa atrial natriuretic peptide (ANP) yang mampu mengendalikan kesimbangan elektrolit dalam tubuh dan menghilangkan stress. Tak hanya itu, berenang ternyata juga membuat kita melatih pernafasan dengan lebih baik yang bisa memberikan efek peregangan pada otot atau relaksasi. Hal ini tentu bisa berimbas positif bagi kesehatan mental kita.

Baca Juga:  Menurut Pakar Kesehatan, Hari Kerja Kita Seharusnya Hanya 4 Hari Dalam Seminggu

Melihat adanya fakta ini, mereka yang patah hati atau sedang dalam suasana hati yang tidak baik sebaiknya segera pergi berenang saja.