Pastikan Untuk Tidak Dehidrasi Saat Demo Hari Buruh

DokterSehat.Com – Tanggal 1 Mei adalah peringatan Hari Buruh yang selalu diidentikkan dengan demonstrasi. Setiap tahunnya, banyak buruh yang melakukan demonstrasi untuk memperjuangkan hak-haknya untuk mendapatkan penghidupan yang layak atau memperjuangkan aturan-aturan yang bisa membuat banyak orang bekerja dengan lebih nyaman dan tenang. Jika anda termasuk dalam orang yang mengikuti demo Hari Buruh ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

doktersehat-minum-air-cegah-hipertensi

Pakar kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bernama dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menyebutkan bahwa demonstrasi biasanya dilakukan di siang hari yang sangat panas. Tak hanya berdiri saja, cukup banyak pendemo yang berjalan kaki dalam jarak yang cukup jauh, terus berteriak atau bahkan bernyanyi sambil memperjuangkan tuntutan mereka. Kombinasi dari hal-hal tersebut ternyata bisa membuat tubuh banyak mengeluarkan keringat dan akhirnya kehilangan cairan tubuh. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka dikhawatirkan pendemo akan mengalami dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan.

Menurut dr. Ari, tak hanya membuat pendemo beresiko mengalami pusing-pusing atau sakit kepala, dehidrasi juga bisa membuat emosi pendemo menjadi tidak stabil dan cenderung lebih sensitif. Hal ini tentu dikhawatirkan bisa membuat demo yang sebenarnya bertujuan baik ini menjadi ricuh dan tentu akan merugikan semua pihak.

Karena alasan inilah ada baiknya pendemo tetap memenuhi asupan minuman sekitar 2 liter setiap harinya. Selalu siapkan botol air minum atau air isotonik sehingga andai mulut sudah terasa kering, merasa haus, atau air liur terasa lengket, maka air ini bisa segera kita konsumsi untuk mengatasi tanda-tanda dehidrasi tersebut. Tak hanya itu, konsumsilah beberapa buah-buahan segar layaknya semangka, melon, mentimun, atau bahkan tomat yang bisa membuat kita mencegah dehidrasi dengan lebih baik.