Pastikan Untuk Menyiram Toilet Dalam Keadaan Tertutup Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi!

DokterSehat.Com– Menyiram toilet tentu saja harus kita lakukan demi membuang kotoran setelah buang air besar. Hanya saja, jika kita menggunakan toilet duduk, ada baiknya kita menutup tutup toilet terlebih dahulu sebelum menekan tombol flush untuk menyiramnya agar tidak mengalami hal buruk ini.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Dalam dunia medis, ada sebuah fenomena yang disebut sebgaai toilet plume. Fenomena ini adalah air yang mengalir dengan putaran kecepatan tinggi saat kita menekan tombol flush. Yang tidak diduga adalah, putaran air ini juga menyemburkan aerosol dari kotoran ke udara. Bahkan, aerosol ini bisa melambung hingga ke ketinggian sekitar 3,5 meter! Bayangkan jika kita menekan tombol flush ini dengan tutup toilet yang masih terbuka, benda-benda yang ada di WC tentu akan dipenuhi oleh kuman dan bakteri yang ada pada kotoran kita sebelumnya, bukan?

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Applied Microbiology, disebutkan bahwa mikroba dari kotoran yang menyebar di dalam WC karena kita tidak menutup toilet saat menyiram kotoran ternyata bisa mencapai lantai, wastafel, handuk, atau bahkan sikat gigi. Hal ini tentu sangat menjijikkan dan bisa memicu datangnya penyakit.

Beberapa jenis bakteri yang ada di kotoran dan menyebar di WC seperti salmonella dan shigella hingga norovirus bisa saja menempel pada sikat gigi dan akhirnya masuk ke dalam tubuh melalui mulut kita. Tak hanya sakit perut, beberapa penyakit berbahaya seperti hepatitis A bisa disebabkan oleh berbagai bakteri ini.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu menyiram toilet dalam keadaan tertutup. Tak hanya itu, jangan simpan beberapa barang seperti handuk atau sikat gigi di dalam WC atau kamar mandi yang bisa dengan mudah terpapar bakteri dari kotoran tersebut.