Pasta Gigi Bisa Menyembuhkan Jerawat?

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika jerawat adalah masalah kecantikan yang paling menjengkelkan. Satu saja jerawat muncul, maka penampilan wajah kita bisa terganggu. Untuk mengatasi masalah jerawat ini, kita pun akan berusaha memakai produk perawatan wajah. Selain itu, kita juga bisa menggunakan bahan alternatif lainnya seperti pasta gigi. Sebenarnya, apakah pasta gigi memang bisa mengatasi jerawat?

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Pakar kesehatan di bidang dermatologi dari Rumah Sakit Mt. Sinai New York, Amerika Serikat bernama Zeichner, M.D menyebutkan bahwa trik menggunakan pasta gigi untuk mengatasi jerawat masih banyak dilakukan oleh banyak orang. Penggunaan pasta gigi ini disebabkan oleh adanya kandungan triklosan, salah satu senyawa anti mikroba yang diyakini mampu membunuh bakteri. Yang menjadi masalah adalah, triclosan ini ternyata masih menjadi bahan yang kontroversial. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), menyebutkan bahwa bahan ini dianggap mampu memicu gangguan hormon. Karena alasan inilah sebagian pasta gigi tidak lagi menggunakan bahan triclosan.

Selain triclosan, pasta gigi juga memiliki kandungan zat pengering lainnya seperti baking soda atau alkohol. Kedua bahan ini disebut-sebut mampu melenyapkan jerawat dengan efektif. Hal ini berarti, kita memang bisa menggunakan pasta gigi untuk membuat jerawat tidak lagi merah atau lebih cepat mengering. Hanya saja, kandungan pasta gigi ini cenderung terlalu keras bagi kulit kita.

Zeichner sendiri lebih menyarankan obat lainnya yang memang diperuntukkan untuk mengatasi jerawat alih-alih menggunakan pasta gigi. Hanya saja, jika kita tidak lagi memiliki pilihan lain selain menggunakan pasta gigi, pastikan bahwa pasta gigi ini tidak memiliki kandungan pemutih, tidak berwarna, dan tidak memiliki kandungan pencuci mulut yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.