Pasta Gigi Bisa Dipakai Untuk Tes Kehamilan?

DokterSehat.Com– Belakangan ini terdapat sebuah video yang viral di Youtube yang menunjukkan bahwa pasta gigi bisa dipakai untuk tes kehamilan. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mencampurkan pasta gigi dengan urine. Jika pasta gigi ini berubah warna menjadi kebiruan dan berbusa, maka hal ini adalah tanda bahwa kita memang hamil. Sebenarnya, apakah memang pasta gigi bisa dipakai untuk tes kehamilan?

doktersehat-sikat-gigi-pasta

Pakar kesehatan dr. Alex Eskander yang berasal dari The Gynae Center menyebutkan bahwa meskipun dalam video Youtube ini menyebutkan bahwa hasil tes kehamilan ini berdasarkan reaksi HCG yang memicu perubahan tekstur atau warna pasta gigi, menurut dunia medis teori pasta gigi ini tidak masuk akal.

Dilansir dari laman The Independent pada tanggal 6 Oktober 2017, dr. Alex menyebutkan bahwa tidak ada dasar ilmiah yang menyebutkan bahwa pasta gigi yang dicampur urine bisa mendeteksi kehamilan. Sejauh ini, hanya tes kehamilan biasa yang mampu mendeteksi adanya hormone Chorionic Gonadotropin (HCG) pada wanita yang sedang hamil. Selain itu, tes kehamilan juga cenderung sangat sensitif dan baru bisa terlihat hasilnya setelah 12 hari pembuahan. Hal ini berarti, penggunaan pasta gigi untuk tes kehamilan sepertinya memang tidak bisa memberikan hasil yang akurat.

Dr. Alex pun lebih menyarankan penggunaan tes kehamilan konvensional bagi mereka yang ingin tahu apakah sudah mendapatkan kehamilan atau belum yang lebih bisa dipertanggungjawabkan hasilnya.